ANALISIS KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENGINTERPRETASI SUATU PERNYATAAN
Abstract
This research aimed to describe the ability of giving reason and interpreting a statement on the electrolyte and nonelectrolyte solutions matery through the application of problem based learning models for student groups of high, intermediate and low. The subjects in this research was students class of X1 Senior High School 1 Sidomulyo Academic Year 2012/2013. This research used the pre-experimental method with a one-shot case study desaign. Based on the result of data analysis summarized that ability of giving reason in high level group all its were excellent. In intermediate level group the others were good. In the low level group, half were good and the others were good enough. The ability of interpreting a statement in high level group all its excellent. In intermediate level group, almost half were excellent. In the low level group, the others were good enough.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memberikan alasan dan menginterpretasi suatu pernyataan pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui penerapan model problem based learning untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Sidomulyo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain one-shot case study. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan kemampuan memberikan alasan pada kelompok tinggi seluruhnya berkriteria sangat baik. Kelompok sedang sebagian besar berkriteria baik. Kelompok rendah, separuhnya berkriteria baik dan cukup. Kemampuan menginterpretasi suatu pernyataan pada kelompok tinggi seluruhnya berkriteria sangat baik. Kelompok sedang, hampir separuh berkriteria sangat baik, sebagian besar berkriteria baik. Kelompok rendah sebagian besar berkriteria cukup.
Kata kunci: problem based learning, kelompok kognitif, memberikan alasan, menginterpretasi suatu pernyataan.
Full Text:
PDFReferences
Amaliyawati, I. 2009. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Hidrolisis Dengan Metode Praktikum Alternatif Menggunakan Local Material. Diakses pada 15 Oktober 2012 dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_kim_0704557.pdf
Arifin, M. 2003. Strategi Belajar Mengajar Kimia. IMSTEP JICA. Bandung.
Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Ennis, R. 1989. Evaluating Critical Thinking. Midwest Publications. California
Saputra, A.2012.Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Kesetim-bangan Kimia dalam Mening-katkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.Skripsi.Univer-sitasLampung.Bandarlampung.
Winarni, E.W. 2006. Inovasi dalam Pembelajaran IPA. FKIP Press. Bengkulu
Refbacks
- There are currently no refbacks.