PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN INFERENSI DENGAN LEARNING CYCLE 3E

Ni Wayan Methania, Chansyanah Diawati, Ila Rosilawati

Abstract


The purpose of this research is to  describe the effectiveness of Learning Cycle 3E model on equilibrium chemical concept in improving their communicate skills and inference skills of SMAN 7 Bandar Lampung.  The effectiveness of this lessons model is measured based on the different of n-Gain, which has been moving up significantly. This research using the quasi experiment method with non equivalent control group design.  The sample selection’s techniques is used is the  purposive sampling.  The population in this research is all students from grade XI IPA of SMA7 Bandar Lampung.  Results of the study showed that Learning Cycle 3E model is effective in improving communicate skills and inference skills on equilibrium chemicals concept.

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E pada materi kesetimbangan kimia dalam me-ningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi siswa SMAN 7 Bandar Lampung. Efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 3E diukur dengan berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Penelitian ini meng-gunakan metode kuasi eksperimen dengan  non equivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Learning Cycle 3E efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan inferensi pada materi kesetimbangan kimia.

Kata kunci: keterampilan inferensi, keterampilan mengkomunikasikan, model Learning Cycle 3E.


Full Text:

PDF

References


Aqiqoh. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 3 Fase Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Penguasaan Konsep Pada Materi Hidrokarbon (PTK Kelas X7 Sma Negeri 10 Bandar Lampung Tp 2009-2010). Skripsi. FKIP Unila. Bandar Lampung.

Creswell, J.W. 1994. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi. Sage Publications.

Esler, W.K. dan Esler, M.K. 1996. Teaching Elementary cience. California Wads-worth.

Fajaroh, F dan Dasna, I W. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.

Retnaningati, D. 2001. Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Per-sada. Jakarta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.

Suri, F. I. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 3E (LC 3E) pada materi Kesetim-bangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Interpretasi dan Me-ngelompokkan. Skripsi. FPMIPA Universitas Lampung. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.