Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Termokimia

I Wayan Agustika, Tasviri Efkar, Emmawaty Sofya

Abstract


This study aims to describe the effect of the experimental method in increasing the learning activities and mastering students' concepts in temochemical material. This study used a quasi-experiment method with pretest-posttest control design. The population of this study was students of grade XI of science class High School in Bandar Lampung. Sampling uses cluster random sampling. In the experimental class using XI science 4 and class XI science 6 as a class control. The results showed that the experimental method had aneffect on increasing the students’ learning activities with a percentage of 79.97% and mastery of students concepts in the experimental class increases based on the average n-Gain score and the "big" category of influence tests which are 0.76 in the experimental class. It can be concluded that the experimental method has a large measure of influence in increasing learning activities and mastery of the concept of learning in thermochemical material.

Keywords: learning activities, experiment method, mastery of student concept, thermochemistry


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen terhadap peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi temokimia. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-postestcontrolgrup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA di Bandar Lampung. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan metode eksperimen berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dengan besar persentase 79,97% dan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen meningkat berdasarkan rata-rata skor n-Gain  dan uji pengaruh yang diperoleh berkategori “besar” yaitu 0,76 pada kelas eksperimen. Disimpulkan bahwa metode eksperimen memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia.

Kata kunci: aktivitas belajar, metode eksperimen, penguasaan konsep siswa, termokimia


Full Text:

PDF

References


Alawiah, S. 2016. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Konsep Perubahanwujud Benda Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa 2. Jurnal penelitian pendidikan 12(1): 75-83.

Anonim(1). 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar, Jakarta.

Astuti, R. 2012. Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Universitas Sebelas Maret (1): 51-59.

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Hamdayama, J. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia, Bogor.

Istiana, G. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret.

Mayangsari, D. 2014. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran UNESA Journal of Chemical Education. Vol. 6.

Rahmawati, W. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery Learning) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 1(20): 68-73.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sagala, S. 2013. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. CV. Alfabeta, Bandung.

Sugiarto, D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016.Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 24-30.

Utami, S. 2015. Meningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Tanjungpura 4 (11): 65-70.

Wahab, R. 2016. Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.