PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGINTERPRETASI SUATU PERNYATAAN DAN MEMBERIKAN ALASAN SISWA DENGAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menginterpretasi suatu pernyataan dan memberikan alasan pada materi laju reaksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMAN 2 Gadingrejo berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design. Data penelitian ini adalah data keterampilan menginterpretasi suatu pernyataan dan memberikan alasan, analisis data menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan N-gain keterampilan menginterperetasi suatu pernyataan 0,7 (sedang) dan yang mencapai KKM sebesar 79%, sedangkan memberikan alasan 0,5 (sedang) dan yang mencapai KKM sebesar 77%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, bahwa pembelajaran dengan inkuiri terbimbing efektif meningkatkan keterampilan menginterpretasi suatu pernyataan dan memberikan alasan siswa kelas XI IPA2 pada materi laju reaksi.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan menginterpretasi suatu pernyataan, memberikan alasan, laju reaksi.Full Text:
PDFReferences
Ennis, R. 1989. Critical Thinking. Prentice Hall, Inc. New Jersey.
Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Me¬ngajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Rofi’udin, A. 2000. Model Pendidikan Berpikir Kritis-Kreatif Untuk Siswa Sekolah Dasar .Majalah Bahasa dan Seni.
Saputra,A. 2012. Model Pem-belajaran Problem Solving pada Materi Pokok Ke-setimbang¬an Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. (Skripsi) FKIP Unila. Bandar Lampung.
Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Wicaksono. 2008. Efektivitas pem-belajaran. http. Edukasi. kompas.com/2010/12/25/ efek-tivitas/pembelajaran.html. tanggal akses: 27-01-2012.
Refbacks
- There are currently no refbacks.