PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGINTERPRETASI SUATU PERNYATAAN DAN MEMBERIKAN ALASAN SISWA DENGAN INKUIRI TERBIMBING

Arum Khalista Faezaty, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


This study aims to determine the effectiveness of guided inquiry ¬ ter in improving skills to interpret a statement and give reasons on material reaction rate. The subjects were students of class XI IPA2 SMAN 2 Gadingrejo totaling 34 people. This research uses a pre-experimental method with One Group Pretest Posttest Design. The data of this study is data interpretation skills and provide a statement of reasons, the analysis of data using the N-gain. The results showed N-gain skills menginterperetasi a statement 0.7 (medium) and reaching KKM 79%, while giving reasons 0.5 (medium) and a reach of 77% KKM. Based on the results of the data analysis, that effectively guided inquiry learning by improving the skills to interpret a statement and give reasons IPA2 class XI students on material reaction rate.

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas inkuiri ter­bimbing dalam meningkatkan keterampilan menginterpretasi suatu pernyataan dan memberikan alasan pada materi laju reaksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2  SMAN 2 Gadingrejo berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest Posttest Design.  Data penelitian ini adalah data keterampilan menginterpretasi suatu pernyataan dan memberikan alasan, analisis data menggunakan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan N-gain keterampilan menginterperetasi suatu pernyataan 0,7 (sedang) dan yang mencapai KKM sebesar 79%, sedangkan memberikan alasan  0,5 (sedang) dan yang mencapai KKM sebesar 77%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, bahwa pembelajaran dengan inkuiri terbimbing efektif  meningkatkan keterampilan menginterpretasi suatu pernyataan dan memberikan alasan siswa kelas XI IPA2 pada materi laju reaksi.

Kata kunci:   inkuiri terbimbing, keterampilan menginterpretasi suatu pernyataan, memberikan alasan, laju reaksi.

Full Text:

PDF

References


Ennis, R. 1989. Critical Thinking. Prentice Hall, Inc. New Jersey.

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Me¬ngajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Rofi’udin, A. 2000. Model Pendidikan Berpikir Kritis-Kreatif Untuk Siswa Sekolah Dasar .Majalah Bahasa dan Seni.

Saputra,A. 2012. Model Pem-belajaran Problem Solving pada Materi Pokok Ke-setimbang¬an Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. (Skripsi) FKIP Unila. Bandar Lampung.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Wicaksono. 2008. Efektivitas pem-belajaran. http. Edukasi. kompas.com/2010/12/25/ efek-tivitas/pembelajaran.html. tanggal akses: 27-01-2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.