PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENGELOMPOKKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Ahmad Untoro, Chansyanah Diawati, Noor Fadiawati

Abstract


This research aims to decribe the effective of problem solving learning model in concepts of buffer solution and salt hydrolysis to improve communicating and classifying skills. This research uses aquasi-experimental with pretest-posttest Non-Equivalent Control Group Design. Research population are all students of SMA N 14 Bandar Lampung  even semester of Academic Year 2011-2012 with  XI Science 1 class and XI Science 3 class as sample. The effectiveness of problem solving learning modelis measured by an increase significant N-gain. The hypothesis research using two different test average statistic formulat-test. Based on the results of hypothesis testing, it was concluded that problem solving learning modelis effective in improving skill sof comunicating and classifying on concepts of  buffer solution and salt hydrolysis.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan mengelompokkan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group DesignPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 14 Bandar Lampung semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA3 sebagai sampel. Efektivitas pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan N-gain yang signifikan.  Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan rumus statistik uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan mengelompokkan pada materi larutan penyangga dan hidrolisis garam.

Kata kunci: keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengkomunikasikan, model problem solving.


Full Text:

PDF

References


Cartono.2007. Seminar Proseeding of The International Seminar of Science Education,27 Oktober 2007. Universitas Sriwijaya. Bandung.

Creswell, J. W. 1994. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. Sage Publications. London.

Djamarah dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar.. Rineka Cipta. Jakarta.

Firman, H. (2007). Laporan Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional. Puspendik.

Magfiroh, Mahanah, dan Zubaidah. 2010. Prosiding LS IV Peran Lesson study Dalam Mengembangkan Keprofesionalan Pendidik dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Secara Berkelanjutan (Continuing Professional.Development).FMIPA Universitas Negeri Malang. Malang.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Edisi keenam. PT. Tarsito. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.