Pengaruh Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Penentuan pH Larutan Asam Basa

Qudwah Mutawakkilah, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This study aims to describe the effect size (method size) method in improving the ability and learning activities in patients with acidic acid pH. This research was conducted at one of Senior High School in Bandar Lampung Teaching Year 2017/2018 using quasi experimental method with Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design. The statistical method in this study was conducted by using n-gain which was significant between experiment class and control class and supported by student activity. The size associated with using the effect size. The results obtained by students metacognition ability and  student activity average are high, and size of influence is great. With these things, the method used has a large measure in improving the ability and learning activities in patients with acidic acid pH.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ukuran pengaruh (effect size) metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan aktivitas belajar siswa pada materi penentuan pH larutan asam basa.  Penelitian ini telah dilakukan di salah satu SMA di Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design. Pengaruh metode eksperimen pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dan didukung oleh aktivitas siswa. Ukuran pengaruh dihitung menggunakan uji effect size. Hasil penelitian yang diperoleh kemampuan metakognisi siswa dan rata-rata aktivitas siswa tinggi, dan ukuran pengaruh yang besar. Berdasarkan hal tersebut, metode eksperimen memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan aktivitas belajar siswa pada materi penentuan pH larutan asam basa.

Kata kunci: Kemampuan metakognisi dan aktivitas siswa, metode eksperimen, dan penentuan pH larutan asam basa


 


Full Text:

PDF

References


Abimanyu, S. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Anitah, S. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astikasari, H. 2011. Metakognisi dan Theory Of Mind (To-M). Jurnal Psikologi Pitutur, 1 (2): 53-64.

Djamarah, S. B. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Refika Aditama.

Dincer, S. 2015. Effect Of Computer Assisted Learning On StudentsAchievement inTurkey: a Meta-Analysis. Journal Of Turkish Science Education, 12 (1): 35-55

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Bandung: Disertasi.SPs-UPI.

Fraenkel, J.R., N.E. Wallen., & H. H. Hyun. 2012 How To Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGrow-Hill.

Griffith, P. & Ruan, J. 2005. Metacognition in Literaty Learning: Theory, assessment, intructions, and professional development. Mahwah: Lawrence Erlbaum Asociates.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and SpatialmVisualization. Physics Education Research Conference. Emiretus: Indiana University.

Hartman, H.J. 2001. Metakognisi dalam pembelajaran dan pengajaran, teori, penelitian dan praktek. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Jayapraba, G. 2013. Metacognitive Instruction And Cooperative Learning Strategies For Promoting Insightful Learning In Sains. International Journal on Trend in Education and Their Implication, 1 (4): 165-172.

Jahjouh, Y.M.A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum In Planning For Science Instruction. Journal Of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.

Keppel, G., dan Wickens, T. D.2004. Design and Analysis: a Researcher’s Handbook. Upper Saddle River, NJ.: Pearson Prentice Hall.

Mayangsari, D. 2012. Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator SDN Semboro Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013. Journal of UNEJ, 1 (1): 31.

Nur, M. 2004. Strategi Belajar. Surabaya: UNESA.

Patta, B. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah. Jakarta:Depatremen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Rahayu, P. dan Azizah, U. 2012. Students’s Metacognition Level Through Of Implementation Of Problem Based Learning With Metacognitive Strategies At SN-GAIN Manyar. Unesa Journal of Chemical Education, 1 (1): 164-173.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosalina, E. dan Azizah, U. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Pada Materi Asam Basa di Kelas XI. UNESA Journal of Chemical Education, 6 (3): 440-445.

Sardiman, A.M. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT.Tarsito.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunyono, 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Tamsyani, W. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kesadaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Pokok Asam Basa. Journal of EST, 2 (1): 10-21.

Tsoi, M.F.; Ngoh, K.G; & Lian, S.C. 2004. Using Group Investigation for Chemistry in Teacher Education. Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching, 5 (1): 33-42.

Uno, H. 2007. Teori Motivasi & Pengukurannya; Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahab, R. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Yamin. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.