Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Perubahan Konseptual Pada Materi Asam Basa

Ulfa Rahma Ainul Fikria, Marina Setyarini, Lisa Tania

Abstract


The student worksheets which were developed has characteristics that able to trained students to construct the right concept so student can be spared from misconception. Expert’s validation result toward the suitability of content, construction, and readability aspect has percentage in the number 89.11% which is very high category. Based on teacher’s respons to the suitability of content has percentage in the number 87.30% , construction 93.33%, and readability aspect 87.90% which is very high category. Based on students’ responses of readability aspect has percentage in the number 91.42% and attractiveness aspect 90.18% which is very high category. So it was concluded that the student worksheets is valid and proper to use.

LKS yang dikembangakan memiliki karakteristik yang mampu melatihkan siswa untuk membangun konsep yang sesuai sehingga siswa terhindar dari miskonsepsi. Hasil validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan memiliki rata-rata persentase sebesar 89,11% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi diperoleh persentase sebesar 87,30%, konstruksi sebesar 93,33%, dan keterbacaan sebesar 87,90% dimana ketiga aspek tersebut berkategori sangat tinggi. Berdasarkan tanggapan siswa pada aspek keterbacaan diperoleh persentase sebesar 91,42% dan aspek kemenarikan sebesar 90,18% yangberkategori sangat tinggi.Sehingga LKS dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan.

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, perubahan konseptual, asam basa


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, S. 2010. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. (Online), (http://veronikacloset.file.wordpress.com/2010/06/konstruktivisme.pdf), diakses tanggal 3 April 2018.

Arikunto, S. 2008. Penilaian Program Pendidikan Edisi Ketiga. Bina Aksara: Jakarta.

__________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Yogyakarta.

Artdej, R., Ratanaroutai, T., Coll, R.K., & Thongpanchang, T. 2010. Thai Grade 11 Students’ Alternative Conceptions For Acid-Base Chemistry. Research in Science & Technological Education, 28(2): 167-183.

Cakir, M. 2008. Constructivist Approaches to Learning in Science and Their Implications for Science Pedagogy. International Journal of Environmental & Science Education, 3(4): 193-206.

Harizal & Muchtar, Z. 2012. Analyzing of Students’ Misconceptions on Acid-Base Chemistry at Senior High Schools in Medan. Journal of Education and Practice, 3(15).

Ilmah, M. 2017. Miskonsepsi Siswa Pada Materi Asam Basa dengan Menggunakan Instrumen Test Diagnostik Two-Tier. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Kaymaker, S. 2012. A Riview at Students on Worksheet in Turkey. David Publishing, 1(1): 57-64.

Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta.

Posner, G. J., Strike, K. A., Hewson, P. W., & Gertzog, W. A. 1982. Accommodation of a Scientific Conception: Toward a Theory of Conceptual Change. Science Education, 66(2): 211-227.

Sari, M. W & Nasrudin, H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2): 315-324.

Sari, Z. F. 2013. Pemahaman Konsep Asam Basa Bronsted-Lowry Peserta Didik Kelas XI MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga: Yogyakarta.

Sudarmo, U. 2009. Miskonsepsi Siswa SMA Terhadap Konsep-konsep Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia, Surakarta.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Tarsito: Bandung.

Sugiyarto & Pratomo, H. 2013. Miskonsepsi Atas Konsep Asam Basa, Kesetimbangan Kimia, & Redoks dalam Berbagai Buku Ajar Kimia SMA/MA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1(1): 43-45.

Sukmadinata. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Utami, B., Iskandar, S.M., & Ibnu, S. 2009. Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Pembelajaran Kimia di SMU. Prosiding Seminar Nasional Kimia & Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Sebelas Maret.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan Penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.