Efektivitas Model Pembelajaran ADI Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Berdasarkan Kemampuan Akademik

Janik Diyan Prasinta, Nina Kadaritna, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the effectivenes of ADI learning model to improve mastery of students’ concept based on academic ability on additive and addictive topic. This research used quasi experiment method with Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. . The population of this research was all of students in grade VIII of Junior High School in Bandarlampung. Samples was selected by purposive sampling obtained by class VIII A as experiment class and VIII B as control class. Data analysis techniques used were ancova test and t-test. The Result showed that the average value of n-Gain the mastery of students’ concept were using ADI learning model are higherthan using conventional learning not only high academic ability but also low academic ability. The conclution of this research was ADI learning model was effective to improve mastery of students’concept not only high academic ability students but also low academic ability.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi zat aditif dan adiktif ditinjau dari kemampuan akademik.  Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di salah satu SMP di Bandarlampung. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive samplingdan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ankova dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa menggunakan model ADI lebih tinggi daripada siswa menggunakan pembelajaran konvensional baik kemampuan akademik tinggi maupun akademik rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa baik siswa kemampuan akademik tinggi maupun siswa kemampuan akademik rendah.

Kata kunci: kemampuan akademik,  model pembelajaran ADI,  penguasaan konsep


Full Text:

PDF

References


Andriani, R.Y.2015. Peningkatan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) pada Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Sains. 7 (2):114-120.

Andriani, D. 2017. Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(2):65-73.

Afdila,D., Sunyono., Tasviri E,2015. Penerapan Simayang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 4 (1): 112-134.

Arikunto, S. 2004. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arisanti, W.O.L., Sopandi, W., Widodo, A. 2016. Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (1): 82-95.

Bekiroglu, F. O. dan Eskin, H. 2012. Examination of the Relationship Between Engagement In Scientific Argumentation And Conceptual Knowledge. International Journal of Science and Mathematics Education, 10 (1): 1415-1443.

Cheang, K.I. 2009. Effect of Learner Centered Teaching and Learning Strategies on Motivation in a Third-Year Pharmacotherapy Course, American Journal of Pharmaceutical Education. 73(3): 1-8.

Fauzi, A. 2013. Pengaruh Kemampuan Akademik siswa Terhadap Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X dengan penerapan Strategi pembelajaran Kooperatif di Malang. Jurnal Pendidikan Hayati. 1(1):56-69.

Fidiana, E., Rudibyani, R.B., Tania, L. 2017. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 7 (1): 104-115.

Istiqomah., Rosilawati,I., Kadaritna, N. 2017. Efektivitas LKS Berbasis Pendekatan Ilmiah pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan KPS Ditinjau dari Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Unila.

(2):377-399

Hasnunidah, N. 2016. Pengaruh Argument Driven Inquiry dengan Scaffolding dan Kemampuan Akademik terhadap Keterampilan Argumentasi, Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Dasar Mahasiswa Jurusan PMIPA Universitas Lampung. Disertasi. Unila.

Joyce, B., Weil, M., dan Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (terjemahan). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Meltzer, D.E. 2005. Relation Between Students’ Problem-solving Performance and representational format. American Journal of Physics. 73(5):463-478.

Muntari,I.2017. Efektifitas LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Laju Reaksi dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Koginitif Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia.1(2):1-15.

Prasetyowati, E,N., Suyanto. 2016. Peningkatan penguasaan Konsep Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia. 1(1): 67-74.

Sampson, V., Grooms, J., Walker, J.P.. 2014. Argument Driven Inquiry in Biology. NSTA Press. United States of America.

Sukmadinata, M.S.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Suyanti., Sunyono., Tasviri E.2016. Hubungan Antara Efikasi Diri dan Kemampuan Metakognisi Dengan Pengusaan Konsep Kimia Siswa Melalui Model Simayang Tipe II. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 3 (5): 125-127.

Widiyowati, I. I. 2014. Hubungan pemahaman konsep struktur atom dan sistem periodik unsur dengan hasil belajar kimia pada pokok bahasan ikatan kimia. Jurnal Pendidikan. 3(4): 99-116.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.