Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Perubahan Konseptual Pada Materi Titrasi Asam Basa
Abstract
This research was aimed to develop a student worksheets based on conceptual change on acid-base titration topic, to describe the characteristics and the validity of students worksheet. The results of expert validation toward the suitability of content, construction, and readability aspect has percentage in the number 89.35% which is very high category. Based on teacher’s respons to the suitability of content has percentage in the number 90.29%, construction 91.25%, and readability aspect 87.77% which is very high category. Based on students’ responses of readability aspect has percentage in the number 93.11% and attractiveness aspect 92.36% which is very high category.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis perubahan konseptual pada materi titrasi asam basa, mendeskripsikan karakteristik dan validitas LKS. Hasil validasi ahli terhadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan memiliki rata-rata persentase sebesar 89,35% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi diperoleh persentase sebesar 90,28%, konstruksi sebesar 91,25%, dan keterbacaan sebesar 87,77% yang berkategori sangat tinggi. Berdasarkan tanggapan siswa pada aspek keterbacaan diperoleh persentase sebesar 93,11% dan kemenarikan sebesar 92,36% yang berkategori sangat tinggi.Sehingga LKS dapat dikatakan valid dan layak untuk digunakan.
Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, perubahan konseptual, titrasi asam basa
References
Arikunto, S. 2010. Penilaian Program Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.
Gabel, D. 1999. Improving Teaching and Learning through Chemistry Education Research: A Look to the Future. Journal of Chemical Education. 76(4): 548-554.
Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah (SMA /MA ). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Marzuki, H. & Astuti, R. T. 2017. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Titrasi Asam Basa Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1).
Muchtar, Z. & Harizal. 2012. Analyzing of students’ misconceptions on acid-base chemistry at Senior High Schools in Medan. Journal of Education and Practice. 3(15): 65-74.
Oktavia, D. T., Rosilawati, I., Efkar, T. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(1): 95-106.
Permendikbud, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas / Madrasah Aliyah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Posner, G. J., Strike, K. A., Hewson, P. W., & Gertzog, W. A. 1982. Accomodation of a Scientific Conception: Toward a Theory of Conceptual Change. Science Education. 66(2): 211-227.
Sari, M. W. & Nasrudin, H. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Change Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 4(2): 315-324.
Setyowati, A., Subali, B., & Mosik. 2011. Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif dalam Pembelajaran Fisika untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7(2011): 89-96.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Tarsito. Bandung.
Sukmadinata. 2015. Metodologi Penelitian Pendidian. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Treagust, D. F. & Chandrasegaran, A. L. 2007. The Taiwan National Science Concept Learning Study in an International Perspective. International Journal of Science Education. 29(4): 391-403.
Yulia. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Laboratorium Materi Titrasi Asam Basa Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kota Jambi. FKIP Universitas Jambi, Jambi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.