Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains
Abstract
This study aims to describe the effect of using student worksheet based discovery learning in increasing science process skills on electrolyte and non electrolyte solution topic. The population in this study is all students in grade X IPA one of Senior High School in Bandar Lampung on academic year 2017/2018. The sampling technique used was cluster random sampling and obtained sample of class X IPA 1 as experiment class and X IPA 4 as control class. This research method is quasi experiment with Non Equivalence Pretest-Posttest Control Group Design. The effect of student worksheet is measured on the average value of n-Gain science process skills. The results showed that in the experimental class the average value of n-Gain was 0.73 (high criteria). Based on the result of this research, it can be concluded that student worksheet based discovery learning have a high effect increasing science process skills on electrolyte and non electrolyte solution topic.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis discovery learning terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA salah satu SMA di Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh LKS diukur berdasarkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata n-Gain sebesar 0,73 (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis discovery learning berpengaruh tinggi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Kata Kunci: lembar kerja siswa, kemampuan proses sains, discovery learning
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches Thrid Edition. Sage Publications. United States of America..
Dincer, S. 2015. Effec of Computer Assited Learning on Student Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1): 99-118.
Ervina, N. 2017. Efektivitas LKS Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan KPS Ditinjau dari Gender. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pelajar Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. UPI. Bandung.
Jahjouh, Y.M.A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16
Kaymakcy, S. 2012. A Review of Studies on Worksheet in Turkey. Journal of US China Education, (1): 57-60
Nuh, M. 2014. Permendikbud No.59 Tahun 2014 Lampiran III tentang Pedoman Mata Pelajaran Kimia SMA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.
Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.
Salirawati. 2007. Penyusunan dan Kegunaan LKS dalam Proses Pembelajaran. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132001805/pengabdian/19penyusunnan-dan-kegunaan-lks.pdf. Diunduh 10 Desember 2017 pukul 09.45 WIB
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi. Pro-gram S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya : tidak dipublikasikan.
Susiwi. 2007. Pendekatan Pembelajaran dalam Pembelajaran Kimia. http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._KIMIA/195109191980032SUSIWI/SUSIWI26%29._HANDOUT_PENDEKATAN_PEMBELAJARAN.pdf. Diunduh 3 Desember pukul 19.37 WIB
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Jakarta.
Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. http:staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang-widjajanti-lfx-ms.../kualitas-lks.pdf. Diunduh 25 November 2017 pukul 14.25 WIB
Yusuf, M., dan Anna, R. W. 2016. Penerapa Model Discovery Learning Tipe Shared dan Webbed Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan KPS Siswa. Edusains, 8 (1): 48-56.
Refbacks
- There are currently no refbacks.