Efektivitas Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Lancar Pada Materi Larutan Penyangga
Abstract
This study aims to describe the effectiveness of learning model Problem Based Learning to improve the ability to think smoothly on the material buffer solution. Population in this research is all student of SMA class XI IPA that exist Bandar Lampung on even semester of academic year 2017/2018. The sampling technique used is clauster random sampling and obtained sample class XI IPA 3 as experimental class and XI IPA 4 as control class. This research method is quasi experiment with pretest-posttest control group design. The effect of problem based learning model is measured based on the average n-Gain score of students' current thinking skill. The results showed that in the experimental class the average value of n-Gain students' thinking skill of 0.78 (high criterion). Based on the results of this study can be concluded that the model of learning-based problems can improve students' thinking ability on the material of buffer solution.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir lancar pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA yang ada di Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design. Pengaruh model problem based learning diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa sebesar 0,78 (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model problem based learning mampu meningkatkan kemampuan berfikir lancar siswa pada materi larutan penyangga.
Kata Kunci: larutan penyangga, berfikir lancar, problem based learning.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: PT Refika Aditama.
Arnyana. P. 2007. Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar. Singaraja: FPMIPA. Universitas Pendidikan Ganesha.
Birgilli, B. 2015. Creative and Critical Thinking Skills in Problem Based Learning Environment. Journal of Gifted Education and Creativity, (2),71-80.
DeeHan, R. L. 2011. Teaching Creative Science Thinking. Science Education Journal, 334: 1499-1500
Dincer, S. 2015. Effec of Computer Assited Learning on Student Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1):99-118.
Fadiawati, N., Fauzi, M.M. 2016. Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah: Berbasis Hasil Riset dan Pengembangan. Yogyakarta:Media Akademi.
Fraenkel, J. R., N. E.Wallen dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evalute Researche in Education. Eight Edition. New York. McGraw-Hill Inc.
Kemendikbud. 2013. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013: Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Marjan, J., I. Arnyana, I. Setiawan. 2014. Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ma Mu’alimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Ganesha, 4(1). 1-12.
Mawaddah, NE., Kartono., & Suyitno, H. 2015. Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Metakognisi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jornal Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang UJMER 4 (1).
Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Raiyn, J. & Tilchin, O. 2015. Higher-Order Thinking Development through Adaptive Problem-based Learning. Journal of Education and Training Studies. Israel. Volume 3 Nomor 4.
Reta, I. K. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Artikel. Gianyar: Universitas Pendidikan Ganesha.
Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sharon & Key. K. 2010. 21st Century Knowledge And Skills In Educator Preparation. NewYork: Blackboard ETS Intel National Education Association Microsoft And Pearson.
Sudjana. 2005.Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT Tarsito.
Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi (Pem-belajaan Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Interna-lisasi, dan Evaluasi). Yogyakarta: Media Akademi.
Trilling, B & Hood, P. 1999. Learning, Technology, and Education Reform In The Knowledge Age. Jornal of Educational Technology, 39 n3 p5.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Vol. 1 Tahun 2016. Universitas Negeri Malang. Hal. 263-271.
Refbacks
- There are currently no refbacks.