Pengaruh Isu Sosiosaintifik Meningkatkan Literasi Kimia dan Motivasi Belajar Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit

Jariska Meidhania Wulandari, Sunyono Sunyono, Chansyanah Diawati

Abstract


The aim of this study was to describe the effect of socioscientific issues to improve Students’s Chemical Literacy Skills and Learning Motivation in electrolyte and non-electrolyte solution topic. This research used quasi experiment method with pretest-posttest control group design. Population in this research was all students of X MIA one of senior high school in Lampung Tengah.  The sample was taken by cluster random sampling technique and obtained class X MIA 3 as control class and X MIA 1 as experiment class. The influence of learning using socioscientific issues was analyzed using t-test on n-Gain and effect size test towards student’s chemical literacy skills and learning motivation.The results showed that the average value of n-Gain of students’s chemical literacy skills criteria in experiment class was‘average’ with effect size 0,837 on chemical literacy skills with criteria was ‘large’ and average value of n-Gain of students’s learning motivation 0,756 on learning motivation  with criteria was ‘large.

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan isu sosiosaintifik untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.  Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di salah satu SMA di Lampung Tengah.  Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dan X MIA 1 sebagai kelas eksperimen.  Pengaruh pembelajaran menggunakan isu sosiosaintifik dianalisis menggunakan uji t-test dan uji effect size terhadap kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kemampuan literasi kimia berkriteria ‘sedang’ dengan effect size sebesar  0,837 dengan kriteria effect size ‘besar’ dan bahwa rata-rata nilai n-Gain motivasi belajar siswa 0,756 pada motivasi belajar dengan kriteria effect size ‘besar’. 

Kata kunci: literasi kimia, isu sosiosaintifik, motivasi

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. 2017. Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMA/MA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Dincer, E. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Student’s Achievement in Turkey: A Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-108.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, & H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGrow-Hill.

Gutierez, S. B.2015. Integrating Socio-Scientific Issues to Enhance the Bioethical Decision-Making Skills of High School Students. International Education Studies, Vol. 8, No. 1. Doi: 10.5539/ies.v8n1p142

Hake, R. R. 2002. Reliatonship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanis with Gender, High School Physics, and Pretest Score on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference.

Ilyas, M. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.

Lathifah, A.S & Susilo, H. 2015. Penerapan Pembelajaran Socioscientific Issue Melalui Metode Simposium Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Matakuliah Biologi Umum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Malang, 21 Maret 2015. Malang: FKIP Universitas Muhammadiyah Malang. Hal: 9-19.

Mazfufah, N.F. 2017. Pengaruh Metode Diskusi Isu-Isu Sosiosaintifik Terhadap Kemampuan Penalaran Ilmiah Peserta Didik. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Maknun, D. 2014. Penerapan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kualitas Argumentasi Siswa Pondok Pesantren Daarul Uluum Pui Majalengka pada Diskusi Sosiosaintifik IPA. Jurnal Tarbiyah, Vol. 21, No. 1

Novianti, M. 2016. Literasi Kimia Peserta Didik SMA Negeri 1 Pakem pada Materi Pokok Larutan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

OECD. 2002. Measuring Student Knowledge and Skills. OECD Publishing (Online). Tersedia di http://www.oecd.org/std/2757266.pdf. diakses 18 Oktober 2017.

OECD. 2016. Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2015. OECD Publishing Online. Tersedia di http://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf. diakses pada 29 November 2017.

Pratiwi, S. 2017. Pengaruh Strategi Scaffolding dalam Pembelajaran Simayang untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Model Mental pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Pvalue. UCLA: Statistical Consulting Group. Diakses di: https://stats.idre.ucla.edu/other/mult-pkg/faq/pvalue-htm/ pada 17 April 2018

Rahayu, S. 2017. Mengoptimalkan Aspek Literasi dalam Pembelajaran Kimia Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017, 1-16.

Rahayu, S. 2015. Meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Kimia/IPA Berkonteks Isu-Isu Sosiosaintifik (Socioscientific Issues). Keynote Paper disampaikan dalam Semnas Pendidikan Kimia & Sains Kimia, Fakultas Pendidikan MIPA FKIP Universitas Negeri Cendana, 8 Mei 2015. Kupang: Universitas Negeri Cendana.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.

Sarwono, J. & MSI, C.P. (2016). Mengubah Data Ordinal ke Data Interval dengan Metode Suksesif Interval (MSI). Tersedia di: http://www.jonwthansarwono.info/teori_spss/msi.pdf.

Shwart, Y. Ben-Zvi, R. & Hofstein, A. 2006. Chemical Literacy: What Does This Mean to Scientist and School Teachers?. Diane M. Bunce & Amy J. Phelps (Eds). Journal of Chemical education. Vol. 83 No. 10.

Subiantoro, A.W, Aryanti, N.A, Rifai, M & Ahmad, J.K. 2012. Socio-Scientific Issues-Based Instruction dalam Pelajaran Biologi Lingkungan dan Pengaruhnya Terhadap Reflective Judgment dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Laporan Penelitian Dosen Yunior Anggota Pusdi Tahun Anggaran 2012. Pusat Penelitian Budaya, Kawasan, dan Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sunyono, Wirya, I.W, Suyanto, E & Suyadi, G. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA – FKIP Universitas Lampung.

Sunyono, Wirya, I.W, Suyadi, G & Suyanto, E. 2010. Produksi Model LKS dan Media Animasi Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Materi Kimia Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan ke-3 di Universitas Lampung, Januari 2010.

Sunyono. 2010. Pengembangan Model Lembar Kerja Siswa Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Materi Kesetimbangan Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, Solo, Maret 2010.

Suwono, H. Rizkita, L. Susilo, H. 2015. Peningkatan Literasi Saintifik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 21: 1-16.

Tapantoko, A.A. 2011. Penggunaan Metode Mind Map (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Depok. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Penyusun. 2017. Petunjuk Teknis PPL. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Utami, N.R.S. 2016. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Efikasi Diri dengan Model Mental Siswa dalam Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Menggunakan Model SiMaYang. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung

Yuliastini, I.B, Rahayu, S & Fajaroh, F. 2016. POGIL Berkonteks Sociosciencetific Issus (SSI) dan Literasi Kimia Siswa SMK. Pros. Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Vol.1. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Zeidler, D.L, Sadler, T.D, Simmons, M.L &Howes, E.V. 2005. Beyond STS: A Research-Based Framework for Socioscientific Issues Education. Science Education 89: 357 – 377. DOI 10.1002/sce20048


Refbacks

  • There are currently no refbacks.