PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPEROLEH DAN MENYAJIKAN SERTA MENGANALISIS DATA MELALUI LEARNING CYCLE 3E

Indri Femiceyanti, Noor Fadiawati, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


The aimed of this research was to describe the increase of students skill in getting, presenting and analysing data on Learning Cycle 3E (LC-3E). Quasi-experiment method was used in this research, with Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. The population of this research was student of science class grade XI of SMA N 1 Way Jepara, Lampung Timur. The sample of this research included two class were choosen by purposive sampling. The increase of students skill in getting, presenting and analysing data measured with the difference of a significant normalized gain (n-Gain). The results in this research show that mean of n-Gain in getting and presenting data skill of control class was 0.21 and in experimental class was 0.43. The mean of n-Gain in analysing data skill of control class was 0.20 and in experimental class was 0.47. Based on analyze of data show that  LC 3E model could increase students skill in getting, presenting, and analysing data.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan memperoleh, menyajikan dan menganalisis data melalui Learning Cycle 3E (LC 3E) pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group DesignSampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur kelas XI IPA2 dan XI IPA3  semester genap Tahun Ajaran 2013-2014 yang memiliki karakteristik hampir sama. Peningkatan keterampilan siswa dalam memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan.  Hasil penelitian ­­­menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memperoleh dan menyajikan data untuk kelas kontrol dan ekspe-rimen masing-masing 0,21 dan 0,43; dan rata-rata n-Gain menganalisis data siswa untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,20 dan 0,47. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pembelajaran LC 3E dapat meningkatkan keterampilan memperoleh dan menyajikan serta menganalisis data.

Kata kunci: learning cycle 3E, memperoleh data, menganali­sis data, menyajikan data.


Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2008. Learning To Teach. Edisi VII. Pustaka pelajar. Yogyakarta.

Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Bina Aksara. Jakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. BSNP. Jakarta.

Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi. Sage Publications.

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori belajar. Erlangga. Jakarta

Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Diawati, C. 2011. Efektivitas Pembelajaran Learning Cycle 3E pada Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi untuk Mening¬kat¬kan Keterampilan Mengkomunikasi¬kan dan Mengelompokkan. Seminar Nasional Pendidikan MIPA. Unila

Fadiawati, N. dan Chansyanah D. 2011. The Problem-Based Learning Model to Incrase Students Skills in Communication, Classification, and Comprehension of Acid-Base Concepts. Seminar Nasional Pendidikan. Unila.

Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. PT Refika Aditama. Bandung.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.

Suri, F.I. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 3E pada Materi Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Interpretasi Siswa XI IPA SMA Al-Kautsar. Skripsi. FKIP Unila. Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.