PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI VARIABEL DAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTAR VARIABEL MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 3E
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengidentifikasi variabel dan mendeskripsikan hubungan antar variabel melalui learning cycle 3 phase (LC 3E). Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Jepara, Lampung Timur, dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Peningkatan keterampilan mengidentifikasi dan mendeskripsikan hubungan antar variabel diukur dengan perbedaan gain yang ternormalisai (n-Gain) yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan rerata n-Gain keterampilan mengidentifikasi variabel kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,19 dan 0,34; dan rerata n-Gain keterampilan mendeskripsikan hubungan antar variabel untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,07 dan 0,32. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan n-Gain, disimpulkan bahwa model learning cycle 3E dapat meningkatkan keterampilan mengidentifikasi variabel dan mendeskripsikan hubungan antar variabel siswa.
Kata kunci: keterampilan mendeskripsikan hubungan antar variabel, keterampilan mengidentifikasi variabel, Learning Cycle 3E.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Bina Aksara. Jakarta.
Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi. Sage Publications.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Fadiawati, N. dan Chansyanah D. 2011. The Problem-Based Learning Model to Incrase Students Skills in Communication, Classification, and Comprehension of Acid-Base Concepts. Seminar Nasional Pendidikan. Unila
Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.
Fitriani, D. 2009. Penerapan Model Siklus Belajar Empiris-Induktif (SBEI) Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Laju Reaksi (PTK Pada Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 1 Bandar Lampung TP 2009-2010). Skripsi.FKIP UNILA. Bandar Lampung.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
Sunal, D. W. The Learning Cycle: A Comparison of Models of Strategies for Conceptual Reconstruction: A Review of the Literature. --- Desember 2012.http://astlc.ua.edu/ScienceInElem&MiddleSchool/565LearningCycleComparingModels.htm. 3 September 2011.
Tim Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. BSNP. Jakarta.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III : Pendidikan Disiplin Ilmu. Penerbit Imtima. Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.