PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI VARIABEL DAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTAR VARIABEL MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 3E

Liliya Noviyana, Chansyanah Diawati, Noor Fadiawati

Abstract


The aimed of research was to describe the increase of students’ skill in identify variables and describe the correlational between  variables on Learning Cycle 3E (LC 3E) model. Quasi-Experimental method was used in this research, with Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. The population of this research was students of XI IPA SMA N 1 Way Jepara, Lampung Timur, with XI scince 2 and XI scince 3 class as sample. The increase of students’ skill in identify variables and describe the correlational between  variables measured with the difference of a significant normalized gain (n-Gain). The results show that mean value of n-Gain identify variables skill in control and experimental classes were 0.19 and 0.34, and the mean value of n-Gain describe the correlational between variables skill in control and experimental classes were 0.07 and 0,32. Based on data analysis which used t-test and n-Gain, it was concluded that the LC 3E learning model can increasing students’ skill in identify variables and describe the correlational between  variables.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengidentifikasi variabel dan mendes­kripsikan hubungan antar variabel melalui learning cycle 3 phase (LC 3E). Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Postest) Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Way Jepara, Lampung Timur, dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel. Peningkatan keterampilan mengidentifikasi dan mendeskripsikan hubungan antar variabel diukur dengan perbedaan gain yang ternormalisai (n-Gain) yang signifikan. Hasil penelitian menunjuk­kan rerata n-Gain  keterampilan mengidentifikasi variabel kelas kontrol dan eksperi­men masing-masing 0,19 dan 0,34; dan rerata n-Gain keterampilan mendes­kripsi­kan hubungan antar variabel untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,07 dan 0,32.  Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan n-Gain, disimpulkan bahwa model learning cycle 3E dapat mening­katkan keteram­pilan mengidentifikasi variabel dan mendeskripsikan hubungan antar variabel siswa.

Kata kunci: keterampilan mendeskripsikan hubungan antar variabel, keterampilan mengidentifikasi variabel, Learning Cycle 3E.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Bina Aksara. Jakarta.

Craswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi. Sage Publications.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Depdiknas. 2003. Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Fadiawati, N. dan Chansyanah D. 2011. The Problem-Based Learning Model to Incrase Students Skills in Communication, Classification, and Comprehension of Acid-Base Concepts. Seminar Nasional Pendidikan. Unila

Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.

Fitriani, D. 2009. Penerapan Model Siklus Belajar Empiris-Induktif (SBEI) Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Laju Reaksi (PTK Pada Siswa Kelas XII IPA 2 SMAN 1 Bandar Lampung TP 2009-2010). Skripsi.FKIP UNILA. Bandar Lampung.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.

Sunal, D. W. The Learning Cycle: A Comparison of Models of Strategies for Conceptual Reconstruction: A Review of the Literature. --- Desember 2012.http://astlc.ua.edu/ScienceInElem&MiddleSchool/565LearningCycleComparingModels.htm. 3 September 2011.

Tim Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. BSNP. Jakarta.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III : Pendidikan Disiplin Ilmu. Penerbit Imtima. Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.