Pengaruh LKS Berbasis Discovery Learning terhadap Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
This study aims to describe the effect of using discovery learning based student worksheet to improve critical thinking skills on electrolyte and nonelectrolyte solution. The population in this study is all students of class X Natural Science in one of Senior High School in Bandar Lampung in the even semester of academic year 2017/2018. The sampling technique used was cluster random sampling and obtained sample of class X Natural Science 7 as experiment class and X Natural Science 8 as control class. This research method is quasi experiment with pretest-posttest control group design. The results showed that in the experimental class the average value of n-Gain critical thinking skills was in high criteria. Based on the result of this research, it can be concluded that student worksheet based on discovery learning have a high effect in improving critical thinking skills on electrolyte and non electrolyte solution.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektroit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang ada di salah satu SMA di Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X IPA7 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 8 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa berkriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis discovery learning berpengaruh tinggi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Kata Kunci: Discovery learning, kemampuan berpikir kritis, lembar kerja siswaReferences
Angelo, T. A. 1995. Classroom Assessment For Critical Thinking. Jossey Bass, Inc. San Fransisco.
Arsyad, Azhar. 2004. Media Pengajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Asmawati, E.Y.S. 2015. Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. Vol 8 (1)
Costa, A.L. and Presseisen, B.Z., 1985. Glossary of Thinking Skill, in A.L. Costa (ed). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. ASCD. Alexandria.
Creswell, J.W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods ApproachesThird Edition. Sage Publications. United States of America.
Darmojo, Hendro dan Kaligis, Jenny R.E. 1992. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) II. Dirjen Pendidikan Tinggi. Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assited Learning on Student Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1), 99-118.
Ennis, R. H. 1989. Critical Thinking. Urbana-Campaign. University of Illinois.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. SPs-UPI. Bandung.
Guza, A. 2009. Standar Nasional Pendidikan. Asa Mandiri. Jakarta.
Hake, R. R. 1999. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Tersedia pada : http://www.physics.indianaedu/-hake.diakses pada tangga 04 Juni 2018.
Indriani, F. 2017. Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lancar pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung
Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Juornal of Turkish Science Education, 11(4).
Priyatni, E.P. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Bumi Aksara. Jakarta.
Putranto, J.A.A. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Raja Grapindo Persada. Bandung.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT Asdi Mahasatya. Jakarta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). PT. Refika Aditama. Bandung.
Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Anugrah Utama Raharja. Bandar Lampung.
Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi; Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinasi, Internalisasi, dan Evaluasi. Media Akademi.Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.