Efektivitas Problem Solving Materi Asam-Basa dalam Meningkatkan HOTS Ditinjau dari Jenis Kelamin
Abstract
The purpose of this research is describe the effectiveness of problem solving learning on the acid-base in improving high order thinking skills based on gender. The research method is quasi experiment with pretest-posttest controlgroup design (factorial 2 x 2). The sample of this study was chosen based on purposive sampling technique is XI IPA 2 and XI IPA 3. Data analysis with two way ANOVA using SPSS 24.00 for windows. Based on the result of data analysis summarized that there is no interaction between learning model and gender of students’ high order thinking skills on acid-base. Problem solving learning is effective to improving high order thinking skills on acid-base. Percentage n-gain high categoryin high order thinking skills of male students is higher than percentage n-gain high category in high order thinking skills of female students with problem solving learning on acid-base.
Penelitian ini mendeskripsikan efektivitas problem solving materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari jenis kelamin. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel penelitian ini dipilih berdasarkan teknik Purposive sampling yaitu siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA. Analisis data dilakukan dengan analisis varians dua jalur (two way ANOVA) program SPSS 24.00 for windows. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa materi asam-basa. Model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa materi asam-basa. Persentase n-gain kategori tinggi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan persentase n-gain kategori tinggi siswa perempuan dengan pembelajaran problem solving materi asam-basa.
Kata Kunci: model problem solving, keterampilan berpikir tingkat tinggi, jenis kelamin, asam-basa.
Full Text:
PDFReferences
Abosalem, Y. 2016. Assessment Techniques and Students’ Higher-Order Thinking Skills. International Journal of Secondary Education; 4(1): 1-11
Amelink, C. 2009. Literature overview: Gender differences in science achievement. (Online), http: //www.engr.psu. edu/awe/misc/. Diakses 18 Maret 2018.
Arsyad, L. 2014. Pengaruh Faktor Genetik dan Intelegensi Terhadap Keberhasilan Belajar Anak. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Barro, Robert J., 1998. Human Capital and Growth in Cross Country Regressions, Journal of Economics. Jurnal of Economics Harvard University No. 214.
BSNP. 2018. Penerapan Soal Model HOTS dalam Ujian Nasional Perlu Diimbangi dengan Peningkatan Kemampuan Guru dan Siswa. Pada http://bsnp-indonesia.org/2018/04/21/penerapan-soal-model-hots-dalam-ujian-nasional-perlu-diimbangi-dengan-peningkatan-kemampuan-guru-dan-siswa/Diakses pada 01 Januari 2018.
Djamarah & Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekawati, A. dan S. Wulandari. 2011. Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Socioscientia Kopertis Wilayah XI Kalimantan Vol. 3 No. 1.
Fasihah, N. S. 2017. Efektivitas lembar kerja siswa berbasis pendekatanilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan proses sains ditinjau dari jenis kelamin. Skripsi. Universitas Lampung: Bandarlampung.
Firdaus, A. Y. dan Hakim, M. A. 2013. Penerapan “Acceleration To Improve The Quality Of Human Resources” Dengan Pengetahuan, Pengembangan, Dan Persaingan Sebagai Langkah Dalam Mengoptimalkan Daya Saing Indonesia Di Mea 2015. UNS: Economics Development Analysis Journal. Pada http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj diakses pada 25 Januari 2018.
Fraenkel, J.R., N .E. Wallen dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Researche in Education. Eight Edition. New York: McGraw-Hill Inc.
Friedman, Howard S dan Schustack, Miriam W. 2006. Kepribadian Teori Klasik dan Riset Modern. Jakarta: Erlangga.
Halpern, D. F, Benbow, C. P., Geary, D.C., et al. 2007. The Science of Sex Differences in Science and Mathematis. Journal Psychol Sci Public Interest, (online) pada www.ncb.nlm.nih.gov/m/pubmrd/25530726/ , diakses pada 15 Maret 2018, 19.05 WIB.
Jailani dan Retnawati, H. 2016. Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 23, No.2.
Krathwohl, D. R. & Anderson. 2002. A revision of Bloom's Taxonomy: an overview – Theory Into Practice, College of Education. The Ohio State University Learning Domains or Bloom's Taxonomy: The Three Types of Learning, tersedia di www.nwlink.com/~donclark/hrd/bloom.html.
Lestari, P .2014. Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA 1 SMA N 3 Bengkulu Tengah Pada Pembelajaran Biologi Pendekatan Inkuiri. Skripsi: Universitas Bengkulu.
Lewy L; Z. Zulkardi dan N. Aisyah. 2009. Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan Dan Deret Bilangan Di Kelas Ix Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika UNSRI.
Mönks, F. J, A.M.P. Knoers, S. R. Haditono. 2002. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nuryoto, S. 1998. Perbedaan Prestasi Akademik Antara Laki-Laki Dan Perempuan Studi Di Wilayah Yogyakarta. Universitas Gadjah Mada: Jurnal Psikologi, No 2, 16-24
OECD. 2018. PISA 2015 Results in Focus. [Online]. Tersedia: http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2015-results-overview.pdf. Diakses pada 01 Januari 2018.
Rofiah, E., Siti, N. dan Yusliana, E. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika (online) pada http:/jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/2797. Diakses pada 14 Januari 2018 10.00 WIB.
Santrock, J.W. 2009. Psikologi Pendidikan. Edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Satrisman, A. 2013. Analisis Soal Ujian Nasional Kimia SMA Tahun 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom Sua Dimensi. Skripsi: UPI.
Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inofatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT.Trasito.
Suryabrata, 1977, Proses Pengajaran, Yogyakarta, Amarta.
UNDP. 2016. Pembangunan Manusia untuk Semua. Pada http://www.id.undp.org/contett/indonesia/id/home/presscenter/pressreleases/2017/03/22/indonesia-s-human-development-index-rises-but-inequality-remains-.html diakses pada 01 Januari 2018.
Widodo,T. dan Kadarwati, S. 2013. Higher Order Thinking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Semarang: Jurnal UNS Cakrawala Pendidikan Th. XXXII, No. 1
Refbacks
- There are currently no refbacks.