Deskripsi Sikap Ilmiah dan Peningkatan KPS Materi Larutan Elektrolit-Non Elektrolit Menggunakan Discovery Learning

Nanda Wiguna Putri Kusuma, ila Rosilawati, Noor Fadiawati

Abstract


This research was aimed to describe scientific attitude and improvement of science process skills (SPS) on electrolyte and non electrolyte solution subject using discovery learning. The design of this research is matching only pretest-posttest control group design. Sample were taken by purposive sampling tehnique obtained by class XI IPA 1 and XI IPA 3. The results showed that learning with discovery learning model is effective to improve science process skills on electrolyte and non electrolyte solution subjct, the percentage of students belonging to the high attitude category on the attitude of curiosity, conscientious, cooperation, and responsibility, has increased every meeting on electrolyte and non electrolyte solution subject using discovery learning model.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah dan peningkatan keterampilan proses sains (KPS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan model discovery learning. Desain penelitian ini adalah the matching only pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 3 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembelajaran dengan model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit; serta persentase siswa yang termasuk ke dalam kategori sikap tinggi pada aspek sikap ingin tahu, teliti, kerja sama, dan tanggung jawab mengalami peningkatan di setiap pertemuannya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan model discovery learning.

Kata Kunci: discovery learning, larutan elektolit dan non elektrolit, KPS, sikap ilmiah


Full Text:

PDF

References


Abruscato, J. 2001. Teaching Children Science: Discovery Methods for the Elementary and Middle Grades. USA: Allyn dan Bacon Pearson Education Company.

Amri, S & I. K. Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Carin, A. A. 1997. Teaching Science Through Discovery Eighth Edition. Upper Saddle River: Prentice-Hall, Inc.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., & H. H. Hyun. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Hake, R. R. 1999. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1): (64-74).

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1): (1-13).

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Istiana, G. A., A. N. Catur, & J.S Sukardjo. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2): (65-73).

Jannah, M. 2015. Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pemanasan Global. Pendidikan Sains, 3(3).

Majid, A. 2014. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Malinda, S., N. Rohadi, R. Medriati. 2017. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Konsep Usaha dan Energi di Kelas X MIPA.3 SMAN 10 Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1): (56-63).

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Rosdakarya

Nava, P. L. 2016. Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Siswa Berbasis Peer Assessment pada Praktikum Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pembelajaran Kimia.

Nuh, U. 2010. Fisika Online: Keterampilan Proses Sains. Artikel Pendidikan. Diakses pada tanggal 12 April 2018 dari http://fisikasmaonline.blogspot.com/keterampilan-proses-sains.html.

Nur, A., M. Indrowati, & R. Maya. 2012. Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap KPS Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2): (44-52).

Oktafianto, W. R. 2014. Kefektifan Pembelajaran Praktikum IPA Berbantu LKS Discovery Untuk Mengembangkan KPS. Unnes Physics Education Journal, 3(1).

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Tim Penyusun. 2013. Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tim Penyusun. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.