Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran oleh Limbah Detergen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Maisaroh Maisaroh, Noor Fadiawati, Chansyanah Diawati

Abstract


This study aims to describe the effectiveness problem-based learning of pollution by detergent waste (PBMPLD) to improve students’ creative thinking skills.  The population of this research was all students from XI MIA one of Senior High School in Bandarlampung, the sample research were XI MIA 1 and XI MIA 2 class that obtained by purposive sampling technique.  The research used quasi-experiment with the maching only desaign in pretest-postest and control group.  The data analysis technique used was parametric statistic test using t-test to postestt value.  The result showed that the average posttest of creative thinking skill of experiment class is significantly higher than the average of control class posttest.  The average n-gain in the experimental class is moderate category.  Therefore, it is concluded that the PBMPLD  is effective in enhancing the creative thinking skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen (PBMPLD) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA salah satu SMA di Bandarlampung, dengan sampel penelitian kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 yang diperoleh melalui teknik purposive sampling.  Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest-posttest control group.  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik menggunakan uji t terhadap nilai postes.  Hasil penelitian diperoleh rata-rata postes keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan daripada rata-rata postes kelas kontrol.  n-gain rata-rata dikelas eksperimen berkategori sedang.  Dengan demikian, disimpulkan bahwa  PBMPLD efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.

Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran berbasis masalah, pencemaran oleh limbah detergen

Full Text:

PDF

References


Appulembang, Y. A. 2017. Norma Kreativitas Menggunakan Torrance Test Of Creativity Thinking Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 9 (1), 41–57.

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach Seventh Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arends, R. I. 2012. Learning To Teach Ninth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Awang, H., dan Ramly, I. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. World Academy of Science, Engineering and Technology, 16.

Diawati, C., Lilisari, Setiabudi, A., dan Buchari. Pengembangan dan Validasi Asesmen Kinerja dalam Proyek Modifikasi Alat Praktikum Kimia Instrumen. Chemistry in Education, 6 (2), 70-75.

Ersoy, E., dan Başer, N. The Effects Of Problem-Based Learning Method In Higher Education On Creative Thinking. World Conference on Educational Sciences, 116, 3494 – 3498.

Fadiawati, N. & Syamsuri, M. M. F. 2016. Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., & Hyun, H. H. 2012. How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1)

Hanafi, R. 20017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri di Man 1 Pidie. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Inayah, L., dan Astuti, A. P. 2016. Analisis Tingkat Keberhasilan Pembelajaran Laboratorium dalam Pelajaran Kimia di Sma Negeri 9 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan.

Munandar, S. C. U. 2009. Pengembangan kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Noer, S. H. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal., 5(1).

Putra, T.T., Irwan, dan Vionanda, D. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah . Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1), Hal. 22-26.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sagala, N. L., Rahmatsyah, dan Simanjuntak, M.P. 2017. The Influence of Problem Based Learning Model on Scientific Process Skill and Problem Solving Ability of Student. Journal of Research & Method in Education, 7 (4), PP 01-09.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siswono, T. Y. E dan Budayasa, I. K. 2011. Level Of Student’s Creative Thinking In Classroom Mathematics. Educational Research and Review, 6 (7), 548-553.

Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology Theory and Practice Eighth Edition. USA: Pearson.

Sudarmin. 2015. Model Pembelajaran Inovatif Kreatif. Malang: Universitas Negeri Malang

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Susanti, S. 2012. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Memberikan Penjelasan Sederhana dan Penjelasan Lanjut. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wulandari, N., dan Vebrianto, R. 2017. Studi Literatur Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Ditinjau dari Kemampuan Menggunakan Laboratorium Virtual. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), 9.

Wulandari, W., Liliasari, F.M., dan Supriyanti, T. 2011. Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pengajaran MIPA, 16 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.