Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran Limbah Cairan Pemutih dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Enti Yulita, Noor Fadiawati, Chansyanah Diawati

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of problem based learningon pollution by bleach wasteto improve higher order thingking skills.  The method used quasi experiment with the matching only pretest and postestt control group design.  Population in this research was all students of class XI IPA one of Senior High School in Bandarlampung.  The sample of the research are XI IPA2 as experiment class and XI IPA 5 as control class that obtained by purposive sampling tehnique.  Data analysis technique used was parametric statistic test, that using t-test.  The results of this study it can be seen from Posttest value in experiment class is greater than the posttest value in control class, as well as the n-gain on the medium categorized in the experiment class and on low categorized in control class.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah cairan pemutih dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest and Postestt Control Group Design.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA salah satu SMA di Bandarlampung.  Sampel penelitian terdiri dari kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dari teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.  Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik, menggunakan uji-t..  Hasil penelitian dapat dilihat dari nilai postes keterampilan berrpikir tingkat tinggi kelas eksprimen lebih tinggi daripada nilai postes kelas kontrol.  Rata-rata n-gain kelas keksprimen berkategori sedang dan rata-rata n-gain kelas kontrol berkategori rendah.

Kata kunci: pencemaran limbah pemutih, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran berbasis masalah


Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Karthwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman.

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach Sevent Edition. New York: McGraw Hill

Bakhri, S., Supriadi. 2017. Peran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa pada Pembelajaran Matematika. UNY: Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2017

Birgili, B. 2015. Creative and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Environment. Journal of Gifted Education and Creativity. Vol. 2. No. 2. Hal. 71-80

Boud, D., Felleti G. 1997. The Challenge of Problem Based Learning. London: Kogan Page

BSNP. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Fadiawati, N., Syamsuri, M.M.F 2016. Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah Berbasis Hasil Riset dan Pengembangan. Yogyakarta: Media Akademi

Fatoni, Nurhayati, I.D. 2016. Formulasi Model Inkubator Bisnis Guna Menunjang Pertumbuhan Ekonomi Kreatif di Malang Raya. Prosiding Seminar Nasional and 1st Call of Paper : “Peran Akuntan di Era Mea”. Hal 92-109

Fogarty, R. 1997. Problem Based Learning and Other Curriculum Models For The Multiple Intelligences Classroom. Arlington Heights, Illionis: SkyLight

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. USA: McGraw-Hill Higher Education

Hake, R.R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. Vol. 66. No. 1. Hal 66-74

Handayani, R., Priatmoko, S. 2013. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berorientasi HOTS (Higher order Thinking Skills) Terhadap Hasil Belajar Kimia Kelas X. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 7. No. 1. Hal.1051-1062

Hanoum, R.N. 2014. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Melalui Media Sosial. Edutech. Vol. 1. No. 3. Hal. 400-408

Jayanti, R.D., Romlah, Antomi S., 2016. Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Metode POE Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Bandarlampung

Kasali, R. 2017. “Inilah Pekerjaan yang Akan Hilang Akibat Disruption”. Diakses pada tanggal 29 Januari 2018 di: http://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/18/060000426/inilah-pekerjaan-yang-akan-hilang-akibat-disruption-

Kemdikbud. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Komalasari, K. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

McParland, M., Noble, L.M., & Luvingston, G. The Effectiveness of Problem-Based Learning Compared to Traditional Teaching in Undergraduate Pshychiatry. Blackwell Publishing. No. 38. Hal 859-867

Mufidah, S., Wijaya, A. 2017. Pengembangan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematik Realistik. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. UNY. Hal 675-680

Mukminan. 2014. Tantangan Pendidikan di Abad 21. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan“Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan”. Hal. 1-10

Ngafifi, M. 2014. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol. 2 No 1. Hal 33-47

Nasution, R.D. 2017. Pengaruh Perkembangan teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Eksistensi Budaya Lokal. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik. Vol. 21 No. 1. Hal. 30-42

Noma, L.D., Prayitno, B.A., & Suwarno. 2016. PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA. Bioedukasi. Vol. 9. No. 2. Hal. 62-66

OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus. New York: Columbia University

Osman, K., Hiong, L.C., & Vebrianto, R. 2013. 21st Century Biology An Interdisciplinary Approach of Biology, Technology, and Mathematics Education. Procedia-Sosial and Behavioral Sciences (102), Hal. 188-194

Pramono, T. 2016. Profesionalisme Guru Sebagai Modal Dasar dalam Pelaksanaan Tugas Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VII. Hal. 254-264

Rusniati. 2015. Penidikan Nasional dan Tantangan Globalisasi: Kajian Kritis Terhadap Pemikiran A. Malik Fajar. Jurnal Ilmiah Didaktika. Vol. 16. No. 1. Hal. 105-128

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

Setiawan, P.A. 2011. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Penguasaan Konsep Pada Materi Pokok Asam Basa. FKIP Unila. Skripsi

Shidiq, A.S., Masykuri, M., & Susanti, E. 2015. Analisis Higher Order Thinking Skills Menggunakan Instrumen Two-Tier Multiple Choice pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Kelas XI SMAN 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains “Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Hal 159-166

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Suprapto, E., Farizal, Priyono, & Basri. 2016. The Application of Problem Based Learning Strategy to Increase High Order Thinking Skills of Senior Vocational School Students. Canadian Center of Science and Education. Vol. 10 No. 6. Hal. 123-129

Sugiono, M. 2005. Globalisasi, Global Governance dan Prospek Governance di Dunia Ketiga. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol. 8. No. 3. Hal. 249-262

Sunaryo, Y. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan. Vol. 8. No. 2. Hal 41-54

Tarhan, L., Kayali, H.A., Urek, R.O., & Acar, B. 2008. Problem-Based Learning in 9th Grade Chemistry Class: Intermolecular Force. Res Sci Educ. Volume 38. Hal. 285-300

Uno, H.B. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wena, M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara

Wijaya, E.Y., Sudjimat, D.A., & Nyoto, A. 2016. Transformasi Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Universitas Kanjuruhan Malang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016. Vol.1 ISSN 2528-259X. Hal. 263-278

Zaini. 2015. Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT dan Pelatihan Berpikir Suprasional. UPI Kampus Sumedang: Prosiding Seminar Nasional

Zaroni, A.N. 2015. Globalisasi dan Implikasinya Bagi Negara Berkembang: Telaah Pendekatan Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. 1. No. 1. Hal. 1-22

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat: Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21


Refbacks

  • There are currently no refbacks.