Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Pencemaran oleh Limbah Detergen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Abstract
This study was aimed to describe the effectiveness of problem-based learning of detergent waste-pollution improving students’ higher order thinking skills. The method used was quasi experimental by using the matching only pretest and postest control group design. The population of this research was all of students in grade XI MIA one of Senior High School in Bandarlampung and it was obtained class XI MIA1 as experiment class and XI MIA2 as control class. The data analysis technique used was parametric statistic test using t-test. The results showed that posttest score of student’s higher order thinking skills in experiment class was higher than control class and mean of n-gain’s category in experiment class was in medium category, which mean that problem-based learning of detergent waste-pollution was effective to improve students' higher order thinking skills.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran berbasis masalah pencemaran oleh limbah detergen dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain the matching only pretest and postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA salah satu SMA di Bandarlampung dan diperoleh kelas XI MIA1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik parametrik menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai postes keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dan rata-rata n-gain yang berkategori sedang di kelas eksperimen, yang berarti pembelajaran berbasis masalah pencemaran limbah detergen efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, pencemaran oleh limbah detergen, keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, K. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Penabur, 8 (12): 50-56.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York : Longman.
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2001. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan: Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach (seventh edition). New York: McGraw-Hill Companies.
Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. 1956. Taxonomy of Educational Objectives: Handbook I: Cognitive Domain. New York: David McKay.
Chang, C. S., Chen, J. F., & Chen, F. L. 2015. Development and Design of Problem Based Learning Game-Based Coursware. International Conference e-Learning. ISBN: 978-989-8533-40-1.
Chiang, C. L. & Lee, H. 2016. The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6 (9).
Fadhila, C., Corebima, A. D., & Balqis. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 7 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Fadiawati, N & Syamsuri, M. M. F. 2016. Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Fakhriyah, F. 2014. Penerapan Problem-Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1): 95-101.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eighth Edition). New York: The McGraw-Hill Companies.
Hake, R. R. 1998. Interactive Engagement Methods in Introductory Mechanics Courses. (Online), (http://www.physics.indiana.edu/~sdi/IEM-2b.pdf) , diakses 7 Desember 2017.
Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasiani, F. 2015. Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia dan Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Pelalawan. Jom FEKON, 2(2).
Julianda, Widiati, U., & Djatmika, E. T. 2016. Tingkat Berpikir Siswa pada Materi Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Magsino, R. M. 2014. Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem-Based Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 2, (5): 1-6.
McLoone, S. C., Lawlor,B. J., & Meehan, A. R. 2016. The Implementation and Evaluation of a Project-Oriented Problem-Based Learning Module in a First Year Engineering Programme. Journal of Problem Based Learning in Higher Education, 4 (1): 71-80.
Mukminan . 2014. Tantangan Pendidikan di Abad 21. Makalah disajikan dalam Seminar nasional teknologi pendidikan. Unnesa.
Narayanan, S., Vellore, Adithan, M. 2015. Analysis of Question Papers in Engineering Courses With Respect to HOTS (Higher Order Thinking Skills). American Journal of Engineering Education, 6 (1): 1-10.
Noma, L. D., Prayitno, B. A., & Suwarno. 2016. PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA. BIOEDUKASI, 9 (2): 62-66.
Oktarina, N. 2011. Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 2 (3).
Pertiwi, R. A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Seyegan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Redhana, I W. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Peta Argumen terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43, (17): 141-148.
Reta, I. K. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Ganesha.
Riadi, A. 2016. Problem-Based Learning Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills Siswa Kelas VIII SMPN 1 Daha Utara dan SMPN 2 Daha Utara. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (3).
Rofiah, E., Aminah N. S., & Ekawati, E. Y. 2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (2): 17-21.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saido, G. M., Siraj, S., Nordin, A. B. B., Al-Amedy, O. S. 2015. Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students in Science Learning. The Malaysian Online Journal of Educational Science (MOJES), 3 (3).
Samo, D. D., Darhim & Kartasasmita, B. 2017. Developing Contextual Mathematical Thinking Learning Model to Enhance Higher-Order Thinking Ability for Middle School Students. International Education Studies, 10 (12): 17-29.
Saputri, D. A., & Febriani, S. 2017. Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X MIA SMA 6 Bandar Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 8 (1): 40-52.
Schcolnik, M., Kol, S., & Abarbanel, J. 2006. Constructivism in Theory and in Practice. English Teaching Forum, (4).
Shukla, D., & Dungsungnoen, A. P. 2016. Student’s Perceived Level and Teachers’ Teaching Strategies of Higher Order Thinking Skills; A Study on Higher Educational Institutions in Thailand. Journal of Education and Practice, 7, (12).
Smith, V. G., & Szymanski, A. 2013. Critical Thinking: More Than Test Scores. NCPEA International Journal of Educational Leadership Preparation, 8 (2):16-26.
Subekti, I., Fitriana, A., Chasanah, C., Riskiana, J., & Suhartono. 2015. Peran Pendidikan Karakter dalam Pembentukan SDM Berkualitas dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Universitas Sebelas Maret.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sujarwo. 2006. Dinamika Pendidikan Majalah Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Suprapto, E., Fahrizal, Priyono & Basri. 2017. The Application of Problem-Based Learning Strategy to Increase High Order Thinking Skills of Senior Vocational School Students. International Education Studies, 10 (6).
Suryani, N., & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).
Tahir, Wahid. 2017. Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal, 6 (1).
Walidin, W. 2016. Arah Pengembangan Sumber daya Manusia dalam Dimensi Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi, 2 (2).
Wijaya, E. Y., Sudjimat, & D. A., Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1.
Zaini, M. 2015. Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jurnal Pendidikan Biologi, 20 (207).
Refbacks
- There are currently no refbacks.