Hubungan Antara Metakognisi dengan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Model SiMaYang

Mentari Bela Wahyudienie, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describes the relation between metacognition and science process skills in acid base learning using SiMaYang model. Population in this research were second year in one of SMAN in Bandar Lampung and taken 1 class as a sample (XI IPA 2) and selected using cluster random sampling. The research method used was survey method with correlation research design. Relation between  metacognition and science process skills measured by looking at the correlation coefficient and linear regression equation from the analysis. The results of this research showed that there were correlation between metacognition and science process skills in acid base learning using SiMaYang model was linear, positive and significant.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan  hubungan antara metakognisi dengan keterampilan proses sains dalam pembelajaran asam basa menggunakan model SiMaYang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa tahun kedua di salah satu SMAN di BandarLampung dan diambil 1 kelas sebagai sampel (XI IPA 2) yang dipilih menggunakan cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan desain penelitian korelasi. Hubungan antara metakognisi dengan keterampilan proses sains diukur dengan melihat koefisien korelasi dan persamaan regresi linier diperoleh dari hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara metakognisi dengan keterampilan proses sains dalam pembelajaran asam basa menggunakan model SiMaYang linear, positif, dan signifikan.

Kata Kunci: metakognisi, keterampilan proses sains, SiMaYang.


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, Asesmen. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Djamarah, S. B., dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Rineka Cipta

Eriawati. 2013. Aplikasi Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Ekosistem Di MAN Rukoh. Jurnal Biotik, 1(1): 1-66

Hasanah, S. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi SiMaYang Tipe II dalam Menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Asam Basa Siswa. Skripsi tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Iin, Y., dan Sugiarto, B. 2012. Korelasi Antara Keterampilan Metakognitif Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Dawarblandong, Mojokerto. Unesa Journal of chemical education, 1(2): 78-83.

In'am, A. 2009. Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Lesson Study Berbasis Metakognisi. Jurnal Salam.12(1): 125-135.

Iskandar, S. M. 2014. Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Jurnal ERUDIO. 2(2): 13-20.

Nuryana, E., dan Sugiarto. B. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X-1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. Journal of Chemical Education. 1(1) 83-75

Priyatno, D. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media. Yogyakarta

Rahayu, P., Mulyani, S., dan Miswadi. 2012. Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(1): 63-70.

Romli, M. 2012. Strategi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal AKSIOMA, 1(2): 1-17.

Setiatun, S.N. 2017. Pengaruh Strategi Scaffolding dalam Model Pembelajaran Simayang untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep pada Materi Reaksi Redoks. Skripsi tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Bandarlampung: Media Akademi.

Sunyono, Yuanita, L., and Ibrahim, M. 2015. Supporting Students In Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomics Structure Concept. Science Education International. 26 (2): 104-125.

Sunyono, Wirya, I. W., Suyanto, E., dan Suyadi, G. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan MIPA. 10(2): 9-18.

Suyanti. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri dan Kemampuan Metakognisi Terhadap Penguasaan Konsep Kimia Siswa Melalui Model SiMaYang Tipe II. Skripsi tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta. Graha Ilmu

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara

Tugiyah. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Urena, S., Cooper, M. M., and Stevens, R. H. 2011. Enhancement of Metacognition Use and Awareness by Means of a Collaborative Intervention. International Journal of Science Education, 33(3): 323-340.

Widayanto. 2009. Pengembangan Keterampilan Proses dan Pemahaman Siswa Kelas X Melalui Kit Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1): 1-7.

Yunanti, E. 2016. Hubungan Antara Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Kelas IX MTs N Metro Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal BIOEDUKASI. 7(2): 81-89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.