Hubungan antara Self Efficacy dengan Kemampuan Literasi Kimia Menggunakan Model SiMaYang
Abstract
This research was aimed to describes the relation between self efficacy and ability literacy chemical in acid base learning using the SiMaYang Model. All of students in the 11th grade of XI IPA 5 at senior high school in Bandarlampung as a sample which amounted to 32 students and selected using cluster random sampling. The research method used was survey method with correlation research design. The result of this research showed that there were correlation between self efficacy and ability literacy chemical in acid base learning using the SiMaYang Model was medium, positive and significant.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hubungan self-efficacy terhadap kemampuan literasi kimia siswa pada materi asam basa menggunakan model pembelajaran SiMaYang. Semua siswa di kelas XI IPA 5 pada SMA di Bandarlampung sebagai sampel yang terdiri dari 32 siswa dan dipilih menggunakan cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan desain penelitian korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara self efficacy dan kemampuan literasi kimia dalam pembelajaran asam basa menggunakan model SiMaYang yang tergolong sedang, positif, dan signifikan.
Kata Kunci: kemampuan literasi kimia, self efficacy, SiMaYang
Full Text:
PDFReferences
Halimah, S. N., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. 2016. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1): 1-13.
Harahap, D. 2011. Analisis Hubungan antara Efikasi Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. Jurnal Jurusan Pendidikan Kimia, 3 (1): 42-53.
Haristy, R.D, Enawaty,E dan Lestari, I. 2013. Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Di SMA Negeri 1 Pontianak. Jurnal Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan: 1-12.
Hasanah, S. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Simayang Tipe II dalam menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Asam Basa Siswa Skripsi. Universitas Lampung. Bandarlampung.
Hidayati, N. 2015. Hubungan Antara Efikasi diri Akademik Dengan minat Melanjutkan Studi Di Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kretek. E-journal Program Studi Psikologi Bimbingan dan Konseling. UNY :1-8.
Mahmudi, H dan Suroso. 2014 Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuain Diri Dalam Belajar. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 3, No. 02, hal 183-194.
Meidela, L. 2017. Pengaruh Strategi Scaffolding pada Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Self Efficacy dan Penguasaan Konsep Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Skripsi. Universitas Lampung. Bandarlampung.
Odja, H, A dan Payu, S, C. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Kimia. 40-47.
OECD. 2015. Programme for International Student Assessment and Non OECD Countries. EOCD Publishing Online. Tersedia di: http://www.oecd.org/ edu/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33690591. pdf. (21 Desember 2017).
(OECD-PISA).2016. Assessment of scientific literacy in the OECD / Pisa project. Publishing Online tersedia di. http://www.pisa.oecd.org/ (16 Maret 2018).
OECD. 2016. PISA 2015 Result in Focus. EOCD Publishing Online. Tersedia di: http://www.oecd.org/edu/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33690591. pdf. ( 17 Desember 2017).
Sujana, Atep. 2014. Literasi Kimia Mahasiswa PGSD dan Guru
IPA Sekolah dasar Pada Tema Udara. http://jurnal.upi. edu/ Mimbar-sekolah-dasar, No. 1 vol. 1: 101. Bandung.
Priyanto, D. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Gaya Media.
Rahmi, N, Khaidun, I dan Fitri, Z. 2016. Hubungan Efikasi Diri dan Kemandirian belajar dengan indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Pendidikan Kimia Angkatan 2012, 2013, dan 2014 Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) Vol. 2 No.1 : 11-18.
Riyadi, T. 2018 Hubungan antara Metakognisi dan Self Efficacy dengan Kemampuan Literasi Kimia Siswa menggunakan Model SiMaYang. Jurnal Pedidikan dan Pembelajaran Kimia,Vol.7 No.2: 251-263.
Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. CV Rajawali. Jakarta.
Sunyono. 2014. Validitas Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi untuk Meningkatkan Model Mental Siswa Pada Topik Struktur Atom. Prosiding Pendidikan
Sains 2014, no. 1 vol. 1. Universitas Lampung. Bandarlampung.
Sunyono dan Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing (Dikti) Tahun I (2014). Universitas Lampung.
Sunyono, L Yuanita, & M. Ibrahim. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education Internasional, 26(2): 104 -125
Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi. Media Akademi. Yogyakarta.
Suyanti, D.R. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Suyanti. 2016. Hubungan Antara Efikasi Diri dan Kemampuan Metakognisi Dengan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Melalui Model
SiMaYang Tipe II. Skripsi. FKIP. Universitas Lampung.
Tim Penyusun. 2014. Permendikbud RI Nomor 59 Tahun 2014 Depdiknas. Jakarta.
Utami, S, R, N. 2016. Hubunguan antara Motivasi Belajar dan Efikasi Diri dengan Model Mental Siswa dalam Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit
Menggunakan Model SiMaYang Skripsi. Universitas
Lampung. Bandarlampung.
Yusuf, M. 2011. The Impact of self Efficacy, Achievement Motivation and Self Regulated Learning Strategies on Students’ Academic Achivement. Prosedia Social and Behavioral Sciences, 15 (2011): 2623-2626
Refbacks
- There are currently no refbacks.