Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia

Ira Novita Sari, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effect and effect measurement of  SiMaYang learning model to improve chemical literacy ability on acid base topic. This research used quasi experiment method with Pretest-Posttest Control Group Design. Samples was selected by cluster random sampling. The effect of SiMaYang learning  model is measured on the average value of n-Gain, then the large size of the effect is measured based on the effect size. The results showed that 92% improvement of literacy’s in experiment class influenced by SiMaYang learning model. Base on the result this research, it can be concluded that SiMaYang learning model have a high effect in improving student chemical literacy abilitys on acid base topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh serta ukuran pengaruh  model pembelajaran  SiMaYang dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi asam basa. Metode yang digunakan adalah  kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengaruh model pembelajaran SiMaYang diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain, kemudian ukuran besar pengaruh diukur berdasarkan perhitungan effect size.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen 92% peningkatan literasi kimia siswa dipengaruhi oleh pembelajaran dengan model SiMaYang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran  SiMaYang berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa pada materi larutan asam basa.

Kata Kunci: model pembelajaran SiMaYang, kemampuan literasi kimia

 



Full Text:

PDF

References


Abujahjouh, Y. M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Jurnal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.

Armalasari, T. R. 2017. Pengaruh Strategi Scaffolding dalam Pembelajaran Simayang untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Motivasi Belajar pada Materi Asam Basa. Skripsi. Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Bybee, R. W. 2009. PISA’S 2006 Measurement of Scientific Literacy: An Insider’s Perspective for the U.S. A Presentation for the NCES PISA Research Conference. Washington: Science Forum and Science Expert Group.

Darmawanti, V. 2017. Pengaruh Strategi Scaffolding dalam Pembelajaran Simayang untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia Dan Self Efficacy pada Materi Asam Basa. Skripsi. Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Dincer, E. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Student’s Achievement in Turkey: A Meta Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1):99-108.

Fitriani, et al. 2014. Deskripsi Literasi Sains Siswa dalam Model Inkuiri pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3 (1):2-11.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (8th Edition. McGrow-Hill. New York.

Hernandez, et al. 2015. Perspectives on Science Literacy: A comparative study of United States and Kenya. Educational Research International, 25–34.

Johnstone, A.H. & Kevin H. O. 2005. Concept Mapping in Problem Based Learning: a cautionary tale. Journal Of Royal Society Of Chemistry, 7 (2):84-95.

Karimah, U. 2017. Pengaruh Strategi Scaffolding dalam Pembelajaran Simayang untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Metakognisi Pada Materi Asam Basa. Skripsi. Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Nurmala, V. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Kritris pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi. Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Odja, A.B. dan Payu, C.S. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia. Surabaya: Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya

OECD. 2016. Programme for International Student Assessment and Non OECD Countries. EOCD Piblishing Online. Tersedia di: http://www.oecd.org/ edu/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33690591.pdf (20 november 2017).

Prakasa, M., & N. Aznam. 2016. Pengembangan SSP Kimia Berbasis Pendidikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Kesadaran Terhadap Lingkungan. Inovasi Pendidikan IPA, 2, 46-57.

Rusman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bumi Aksara : Jakarta.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi dalam MembanguModel Mental dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Kimia Dasar. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.

Sunyono, 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi

(Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi). Yogyakarta : Media Akademi.

Sunyono, et al. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education International, 26 (2): 104-125, Tesedia di: http:// files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1064043.pdf. (28 November 2017)

Wati, N.K., dan Iriani, R. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Representasi Visual Siswa pada Materi Larutan Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidik-an Sains, 7 (2): 121-1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.