Efektivitas Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit-Non Elektrolit
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of problem solving model to improve the ability of communicating skills and students’ concept mastery of electrolyte and nonelectrolyte solutions topic. This research was conducted at MAN Pringsewu with using kuasi experimental method with Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design. The sample was obtained by cluster random sampling technique and obtained sample was the X MIA 1 as experimental class and X MIA 3 as contol class. Effectiveness was evidenced by improvement of communicating skill and students’concept mastery used t-test, student activity, teachers ability and effect size test. The result showed that high communicating skills and students’ concept mastery, high student activity, high teacher ability and large effect size. Based on them, problem solving was effective and had big effect size to improve of the communicating skill and student concept mastery in electrolyte and non electrolyte solutions topic.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini telah dilakukan di MAN Pringsewu menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dipilih melalui tehnik cluster random sampling diperoleh sampel yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Keefektifan dibuktikan dari peningkatan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa menggunakan uji-tdan didukung oleh aktivitas siswa, kemampuan guru dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian yang diperoleh keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa tinggi, aktivitas siswa sangat tinggi, kemampuan guru tinggi dan ukuran pengaruh besar. Berdasarkan hal tersebut, model problem solving efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.Kata kunci: keterampilan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep, larutan elektrolit dan non elektrolit, problem solving
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta,Jakarta.
BSNP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.
Carolin, Y. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pada Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA SMA Bhineka Karya 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia UNS,(4) 46-53.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1):99-118.
Djamarah, S.B., dan A, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hake, R. R. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Tersedia pada: http://www.physics.indiana.edu/~hake/PERC2002h-Hake. pdf .diakses pada tangga 21 November 2017.
Iqbal, Z. 2017. Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia UNILA,(7)50-62.
Marfuah, S. 2015. Efektivitas Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimpulkan Pada Materi Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Skripsi.Universitas Lampun, Bandar Lampung.
Octavia, F. 2014. Efektivitas Problem Solving Pada Materi Larutan Elektrolit-Nonelektrolit Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Santika, A.D. 2017 Penerapan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Luwes Pada Materi Larutanelektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Silberberg. 2009. Principal of General Chemistry Second Edition. International Edition. New York : Mc. Graw Hill.
Suartini, K. (2007). Pendekatan Dalam proses pembelajaran Matematika dan Sains Dasar. Jakarta: IAIN Indonesia Social Equity Project.
Suryani, dkk. 2012. Strategi Belajar Mengajar.Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Suyanti, R.D., 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tim Penyusun. 2006 Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Standar Isi Standar Kelulusan IPA. Jakarta: Depdiknas.
Tim Penyusun. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Kemendikbud.
Zuliyanti, Y. 2017. Efektivitas LKS Berbasis Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. UNILA,(6) 372-386.
Refbacks
- There are currently no refbacks.