Efektivitas Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Materi Elektrolit/Non Elektrolit
Abstract
The purpose was to describe the, effectiveness of problem solving to improve learning motivation and concept mastery on electrolyte and non-electrolyte solution topic. This research was conducted at MAN Pringsewu used kuasi esperimental method with Equivalent (pretest-posttest) control group design. The sample was obtained by purposive sampling technique, it was obtained sample was the X MIA 2 as Experimental class and X MIA 4 as control class. Effectiveness was evidenced by improvement of the improve learning motivation and concept mastery students’ used t-test and effect size test. The result of this research shown that student activity is very high, teacher ability is high, the improve learning motivation and concept mastery students is high and effect size had large criteria. Based on them, problem solving was effective and had big effect size to improve of the improve learning motivation and concept mastery students on electrolyte and non-electrolyte solution topic.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran problem solving dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini telah dilakukan di salah satu MAN Pringsewu menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-posttest) control group design. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Keefektivan dibuktikan dari peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa yang menggunakan uji-t serta didukung oleh kemampuan guru dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa sangat tinggi, kemampuan guru selama pembelajaran tinggi, motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa tinggi serta ukuran pengaruh yang besar. Berdasarkan hal tersebut, model problem solving efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.
Kata Kunci: motivasi belajar, penguasaan konsep, problem solving.
Full Text:
PDFReferences
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta Analysis. Journal of Turkish Science Education , 12 (1): 99-188
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan H. H. Hyun. 2012. How to design and evaluate research in education 8th edition. McGraw-Hill, A Business Unit Of The Mc Graw-Hill Companies, Inc., 1221 Avenue of The Americas, New York, NY 10020.
Febriyanti, F. 2017. Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non elektrolit Skripsi. FKIP Unila. Bandarlampung
Hake, R. R. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender,High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Tersedia pada :ttp://www.physics.indiana.edu/~hake/PERC2002h- Hake. pdf .diakses pada tanggal 21 November 2017.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung :CV Pustaka Setia.
Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Husin, A. U. 2014. Efektivitas model pembelajaran problem solving efektif dalam Meningkatkan kemampuan berpikir evaluatif siswa pada materi asam-basa. Skripsi. Universitas Lampung.
Lidiawati. 2011. Efektivitas Penerapan Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Koloid Skripsi. FKIP Unila. Bandarlampung
Mbulu, J. 2001. Pengajaran Individual Pendekatan Metode dan Media Pedoman megajar Bagi Guru dan Calon Guru. Malang: Yayasan Elang Emas.
Reliyana, R., Rudibyani, R. B., dan Efkar, T. 2014. Efektifitas Pembelajaran Inkuir Terbimibing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Tim Penyusun. 2005. Bunga Rampai Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tahun 2004. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wolkfolk, A. 2007.Educational psychology (10rd ed). Boston: Pearson Education.
Refbacks
- There are currently no refbacks.