Efektivitas Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Siswa pada Materi Asam Basa

Anggun Purnama Sari, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of problem based learning model to improve the students’ flexible thinking ability of acid base topic. This research was conducted at one of senior high school in Bangun Rejo with using quasi experiment method with Non Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. The sample was obtained by cluster random sampling technique and it was obtained sample was the XI IPA 1 as control class and XI IPA 3 as experimental class. Effectiveness was evidenced by improvement of the students’ flexible thinking ability used t-test and supported by teacher ability and effect size test. The result of this research shown that the students’ flexible thinking ability is high, basis of teacher learning ability is very high and effect size had large criteria. Based on them, problem based learning model was effective and had big effect size to improve of the students’ flexible thinking ability in acid base topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi asam basa. Penelitian ini telah dilakukan disalah satu SMA Negeri di Bangun Rejo menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dipilih melalui tehnik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas control dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Keefektifan dibuktikan dari peningkatan keterampilan berpikir luwes siswa yang menggunakan uji-t serta didukung oleh kemampuan guru dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir luwes siswa tinggi, kemampuan guru sangat tinggi, dan ukuran pengaruh yang besar. Berdasarkan hal tersebut, model problem based learning efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir luwes siswa pada materi asam basa.

Kata kunci: keterampilan berpikir luwes, asam basa, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Abdurrozak R, Jayadinata A.K, & Isrok'atun. 2016. Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Jurnal Pena Ilmiah. 1 (1):871-880.

Afdila, D., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan SiMayang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal pendidikan dan pembelajaran kimia. 4(1): 248-261.

Afifah, Y , Rudibyani, R.B, & Efkar ,T. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Poe untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Luwes Pada Materi Elektrolit/ Non-Elektrolit, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (3): 907-920.

Astuti, R. P., Rosilawati, I., dan Rudibyani, R. B. 2013. Analisis Keterampilan Mengelompokkan dan Inferensi pada Materi Koloid Menggunakan Model Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 2 (3): 1-12.

Azmi, B. M,. Irzani, & Khusnial, N. L,. 2014. Efektivitas Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Beta. 7 (2): 109-118.

Arifah, P., Sri, D., & Riezky, M. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Sura-karta Tahun Pelajaran 2011-/2012. Jurnal Pendidikan Biologi. 7 (2): 117-238.

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). McGrawHill, New York.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Converence.Available: http://www.physics.indiana.edu/hake [20st of Januari 2017].

Hidayat, A.L & Danawan, A. 2013. Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajran Optik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. UPI, Bandung, Indonesia.

Munandar, S. C. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Rusmono. 2014. strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Bogor: Ghalia indonesia.

Sari, D.E. 2015. Efektivitas Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Orisinil pada Materi Laju Reaksi. Skripsi. Unila, Bandar Lampung.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Keterampilan Berpikir Luwes Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Sinaga, Y., D. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3 (1): 84-86.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito : Bandung.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multiple Representasi. Yogyakarta: Media Akademi

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III, PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Uno, H.B. 2010. Model Pebelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara: Jakarta.

Wang, C. Y. 2014. Scaffolding Mil School Sun Construction of Scientific Explanation Comp-aring a Cognitive Evaluation Approach. International of Science Education.37(2):237-271.

Wulandari W, Liliasari, & Supriyanti. 2011. Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Penguasaan Konsep, dan Motivasi Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal MIPA UPI Bandung, 16 (2).

Zidny, R., Sopandi, W., Kusrijadi, A. 2013. Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri melalui Penggunaan suatu Diagram Submikrokopik serta Melihat Hubungannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1(1): 27-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.