Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius
Abstract
This research was aimed to describe the effectiveness of discovery learning to improve elaboration thinking skills and consept mastery of Arrhenius acid base. The method used quasi experiment with pretest-postest non-equivalent control group desaign. Population in this research was all students of class XI IPA in SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Sample were taken by clauster random sampling tehnique obtained by class XI IPA 3 as experiment class and XI IPA 2 as control class. Effectiveness is determined based on t-test of n-Gain and supported by teacher's ability and effect size test. The results showed that the average value of n-Gain elaboration thinking skills and concept mastery in experiment class with high criteria, very high teacher ability, and large effect size. The conclution this research was discovery learning is effective and had large effect size to improving elaboration thinking skills and consept mastery of Arrhenius acid base.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep asam basa Arrhenius. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest – posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Keefektifan ditentukan berdasarkan uji-t terhadap n-Gain dan didukung dengan kemampuan guru serta uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep pada kelas eksperimen berkriteria tinggi, kemampuan guru yang sangat tinggi, dan ukuran pengaruh yang besar. Kesimpulan penelitian ini yaitu discovery learning efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep asam basa Arrhenius.
Kata Kunci: discovery learning, keterampilan berpikir elaborasi, penguasaan konsep, asam basa Arrhenius
Full Text:
PDFReferences
Anisa, E.N, Rudibyani, R.B., Sofya, E., 2017 . Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 7 (1): 283-295
Anwar, N. M. Shamin, & S. Haq, R. 2012. A Comparison of Creative Thinking Abilities of High and Low Achievers Secondary School Students. International Interdiciplinary Journal of Education, 1(1): 1-6
Arikunto, S. 2004. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arisanti, W.O.L., Sopandi, W., Widodo, A. 2016. Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 8 (1): 82-95
Dahar, R.W. 2011.Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. 2005. Landasan Teori dalam Pengembangan Metode Pengajaran. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievment in Turkey : a Meta- Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1):99-118
Djamarah dan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Fidiana, E., Rudibyani, R.B., Tania, L. 2017. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 7 (1): 104-115
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: Mc-GrawHill
Hasanah, M., Rudibyani, R.B., Tania, L. 2018. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 7 (1): 142-153
Jahjouh, Y. M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16
Jayanto,, I.F., Noer, S.H. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Pembelajaran Guided Discovery. Prosding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN, 1 (1): 245-255
Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Discovery Learning. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Maarif, S. 2016. Improving Junior High School Students’ Mathematical Analogical Ability using Discovery Learning Method, International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 2(1), 114- 124
Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Permendikbud. 2014. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 59 tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud
Permendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Kemendiknas
PISA. 2015. Programme for International Student Assesment. http://www.oecd.org. Diakses pada tanggal 21 Januari 2018 Pukul 19.00
Putri, D.R., Rudibyani, R.B., Sofya, E. 2017. Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 6 (2): 296-307
Putri, T.P., Fadiawati, N., Rudibyani, R.B. 2017. Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Fleksibel pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Unila, 3 (2): 1-15
Rohim, F., Susanto, H., & Ellianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1 (1) :1-5
Saputro, R.P., Wasis., Koestiari, T. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1): 693-702
Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. 20 (1): 65-75
Sulistyowati, N., Widodo, A.T.,Sumarni, W. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Unesa, 2(1) : 1-7
Sunyono. 2015. Model pembelajaran multiple representasi. Yogyakarta: Media Akademi
Suprayanti, I., Ayub, S., Rahayu, S. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 5 Janggat Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Universitas Mataram, 2(1) : 30-35
TIMSS. 2015. Student Achievement of Science. www. Timss.org. Diakses pada tanggal 4 Desember 2017 Pukul 19.00
Tumurun, S.W., Gusrayani, D., Jayadinata, A.K. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 101-110
Widiadnyana I W., Sadia I W., Suastra I W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-13
Yusuf, M dan Wulan, A.R. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan KPS Siswa. Jurnal UIN Jakarta, 8 (1): 48-55
Refbacks
- There are currently no refbacks.