Pengaruh LKS Berbasis Model SiMaYang dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
This study aims to describe the effect of using SiMaYang model based student worksheet to improve critical thinking skills on electrolyte and nonelectroit solution. The population in this study is all students of class X MIA in SMA Negeri 1 Natar in the even semester of academic year 2017/2018. The sampling technique used was clauster random sampling and obtained sample of class X MIA 5 as experiment class and X MIA 7 as control class. This research method is quasi experiment with pretest-posttest control group design. The effect of LKS based on SiMaYang model is measured on the average value of n-Gain critical thinking skills. The results showed that in the experimental class the average value of n-Gain critical thinking skills was 0.71. Based on the result of the research, it can be concluded that LKS based on SiMaYang model have a high effect in improving critical thinking skills on electrolyte and nonelectrolyte solution.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis model SiMaYang dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan nonelektroit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang ada di SMA Negeri 1 Natar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 7 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh penggunaan LKS berbasis model SiMaYang diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir kritis sebesar 0,71. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model SiMaYang berpengaruh tinggi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Kata Kunci: lembar kerja siswa, kemampuan berpikir kritis, SiMaYang.
Full Text:
PDFReferences
Angelo, T. A. 1995. Classroom Assessment For Critical Thinking. Jossey Bass, Inc. San Fransisco.
Celikler, D. 2010. The Effect of Worksheets Developed for the Subject of Chemical Compounds on Student Achievement and Permanent Learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1):42-51.
Dincer, S. 2015. Effec of Computer Assited Learning on Student Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1):99-118.
Ennis, R. H. 1989. Critical Thingking and Subject Specificity Clarification and Needed Research. Journal Education. 18(3):4-10.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pelajar Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. UPI. Bandung.
Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, & H. H. Hyun. 2007. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). McGrow-Hill. New York.
Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Juornal of Turkish Science Education, 11(4):3-16.
Meidayanti, R. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. (Skripsi). Universitas Lampung. Bandarlampung.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Ros-dakarya Offset. Bandung.
Nurmala, V. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. (Skripsi). Universi-tas Lampung. Bandarlampung.
Parliani, S. 2016. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja (LKS) Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari pada Materi Reaksi Redoks. Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito, Bandung.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. (Disertasi). Pasca-sarjana Universitas Negeri Surabaya.
Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi (Pem-belajaan Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Interna-lisasi, dan Evaluasi). Media Akademi, Yogyakarta.
Sunyono,Yuanita L dan Muslimin, I. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education International, 26 (2):104-125.
Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Wicaksono, A. G. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Universitas Negeri Malang. Jurnal pendidikan 2(2):85-92.
Yanto, R. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Makro-skopis - Mikroskopis - Simbolik pada Materi Ikatan Kimia. Universitas Tanjung-pura. Jurnal Pendidikan Kimia 2(3): 1-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.