PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA PEMBELAJARAN JENIS-JENIS KOLOID

Elsa Septigiani Pujiantari, Nina Kadaritna, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


The aim of this research was to develop ani­mation media for colloid types learning based on chemical representations. This re­search used Research and Develop­ment De­sign. The steps of this research were  research and collecting infor­ma­tion, planning, developing pre­li­mi­­na­ry form of product, preli­minary field testing, and main product revision. Preliminary field test­­ing was done in MAN 1 South Lampung. The percentage of teacher res­ponse about aspects in suit­ability con­tent, attra­c­tiveness, and readability of ani­mation media developed were 92%, 100%, and 90%, respectively with very high criteria. The percentage of students response about the attrac­ti­ve­ness and read­ability as­pects were also very high criteria, with percentage were  96% and 93%, respectively.

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media animasi berbasis re­pre­sen­tasi kimia pada pembelajaran jenis-jenis koloid. Pe­ne­li­tian ini menggunakan desain penelitian dan pengem­bangan. Tahap penelitian ini adalah penelitian dan pengumpulan data, pe­ren­ca­­naan, pengem­bangan produk awal, uji coba lapangan awal, dan revisi hasil uji coba awal. Uji coba lapangan awal pada media animasi telah dilak­sanakan di MAN 1 Kabupaten Lampung Selatan. Persentase tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi, ke­me­narikan dan keterbacaan pada media animasi yang dikem­bangkan sebesar 92%, 100%, dan 90% dengan kriteria sangat tinggi. Persentase tanggapan siswa terhadap aspek kemenarikan dan keterbacaan juga sangat tinggi yaitu dengan persentase 96% dan 93%.

 

Kata kunci: jenis-jenis koloid, media animasi, representasi kimia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Chittleborough,G. dan Treagust, D.F. 2007. The Modelling Ability Of Non Major Chemistry Students And Their Understanding Of The Sub-Microscopic Level. Chemistry Education Research and Practice. Vol. 8, No.3, 274-292.

Haryati, S. Miharty, dan Pratiwi, R. 2013. Pemanfaatan Media Animasi Dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di SMAN 12 Pekanbaru. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. 363-368.

Herawati, R.F., Mulyani,S. dan Redjeki, T. 2013. Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol. 2, No. 2, 38-43.

Jansoon, N., Coll, R.K dan Somsook, E. 2009. Understanding Mental Models of Dilution in Thai Students. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 4, No. 2, 147-168.

Meirina, A.M. 2013. Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia. Skripsi. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Najjar, L.J. 1996. Multimedia Information and Learning. JI. Of Educational Multimedia and Hypermedia. Vol. 5, No. 2, 129-150.

Puspita, N. R. 2015. Studi Komparasi Penggunaan Media Animasi dan Media LKS Dalam Pembelajaran Kooperatif Metode Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA SMAN 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Riduwan. M.B.A. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.

Sari, N. W. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Slow Corner. Jurnal P3LB. Vol. 1, No. 2, 140-144.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.

Sukiyasa, K., dan Sukoco. 2013. Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 3, No. 1, 126-137.

Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosda karya.

Suryani, N., dan Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Ombak.

Tasker, R. dan Dalton, R. 2006. Research Into Practice: Visualisation Of The Molecular World Using Animations. Journal Chemistry Education Research and Practice. Vol. 7, No.2, 141-159.

Tim Penyusun. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta. BSNP.

Tim Penyusun. 2014. Lampiran I Permendikbud Nomor 59 th 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta. Permendikbud.

Umar, 2013. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. Vol. 10, No.2, 126-141.

Utami, D. 2011. Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. KTP FIP UNY. Vol. 7, No.1,44-52.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.