PERBANDINGAN SIMAYANG TIPE-II DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP

Inda Desnita, Sunyono Sunyono, Emmawaty Sofya

Abstract


This research was aimed to determine wether SiMaYang type II learning model with discovery learning in improving students’ self efficacy and concept mastery on topic of electrolyte and non-electrolyte. This research used control group pretest-posttest design with the 10th grade-3 and the 10th grade-6 as sample classes which they were obtained by using cluster random sampling. The results showed that SiMaYang type II learning model is better than discovery learning in improving students’ self efficacy and concept mastery.

 

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pembelajaran model SiMaYang Tipe II dan discovery learning dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini meng-gunakan desain Control Group Pretest-Posttest Design dengan kelas X3 dan X6 SMAN 10 Bandar Lampung sebagai kelas sampel yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SiMaYang Tipe II lebih baik dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep kimia siswa dibandingkan model discovery learning.

 

Kata kuncidiscovery learning, efikasi diri, penguasaan konsep, SiMaYang tipeII

Full Text:

PDF

References


Afdila, D. 2015. Penerapan Si-MaYang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Afdila, D., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 9-11.

Anwar, K., Sunyono, dan Kadaritna, N. 2016. Pembelajaran Model SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Model Mental dan Penguasaaan Konsep. Jurnal Pe-ndidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (3): 10-11.

Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Azizah, Z. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Efikasi Diri, Kecemasan, Dan Penguasaan Konsep Peserta Didik skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia : Jakarta.

Bandura, A. 1993. Perceived Self-efficacy in Cognitive Development and Functioning. Educational Psychologist, 28, 117-148.

Bandura. 1997. Self Efficay The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.

Bandura, A,. dan Locke, E. A. 2003. Negative Self-Efficacy and Goal Effects Revisited. Journal of Applied Psychology. Vol. 88, No.1, 87-99. [Online]. http://www.emory. edu/education/

Chiu, M. H., Chou, C. C., dan Liu. C. J. 2002. “Dynamic Proceses of Conceptual Change: Analysisof Constructing Mental Models of Chemical Equiriblium”. Journal of Research in Science Teaching. 39(8). 688-712.

Creswell, J. W. 1997. Research and Design Qualitative, and Mixed Methods Approaches Second Edition. New Delhi: Sage Publication.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eight Edition). New York: McGrow-Hill.

Harahap, D. 2008. Analisis Hubungan Antara Efikasi-Diri Siswa Dengan Hasil Belajar Kimianya. Skripsi. Padangsidimpuan: UMTS.

Metheny, J., McWhirter, E. H., dan O'Neil, M. E. 2008. Measuring perceived teacher support and its influence on adolescent career development. Journal of Career Assessment, 16 (2): 218-237.

Midlecamp, C. dan Kean, E. 1985. Panduan Belajar Kimia Dasar (Alih bahasa: A.H Pudjaatmaka). Jakarta: PT. Gramedia.

Nurhayati, I., Wardani, DK., dan Totalia, SA. 2015. Upaya Meningkatkan Academic Self Eficacy Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Smk Negeri 3 Surakarta. Jurnal pendidikan dan pembelajaran Vol. 1, No. 1, 10-13.

Nurhidayah, L. 2014. Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-sifat Cahaya. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia : Bandung.

Pujiati, I. N. 2010. Hubungan antara Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Siswa. Tesis. UPI-Bandung: Bandung.

Sani, A. R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Santrock, J. W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Schunck, D.H. 1995. Self-Efficacy and Education and Instruction. In J.E. Maddux (Ed,.), Self-Efficacy, Adaptation, and Adjusment: Theory, Research, and Application (pp.281-303) New York: Plenum.

Schunk, D. H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspective. New York: McGraw-Hill Companies.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Dalam Membangun Model Mental Dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Doktor. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: Tidak diterbitkan.

Sunyono dan Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Sunyono, Yuanita, L., dan Ibrahim, M. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education International, 26 (2): 104-125.

Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi; Pembelajaran Empat Fase Dengan Lima Kegiatan:Orientasi, Eksplorasi Imajinasi, Internalisasi, Dan Evaluasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Syah, M. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rodakarya.

Tim Penyusun. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Zimmerman, B. J. 2000. Self-Efficacy: An Essential Motive to Learn. Journal Educational Psychology, 25 (1): 143-147.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.