E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI ELEKTROKIMIA BERBASIS FENOMENA KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Intan Tiara Fani, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research aimed to develop electrochemistry interactive e-Book based on life everyday phenomena. This study used research and development design by Borg and Gall, wich phases of it include: research and information collection, planning, develop preliminary form of product, preliminary field testing  and main product revision. The data in this research was source from chemistry teacher in SMA Kosgoro Bandar Sribhawono and 20 of the 1st and 2nd year students of Chemical Education Departement of Lampung University . The teacher and students gave the good respons in the aspect of content suitability with curriculum and the readablity aspect and got the result 100% and 90% for each aspect.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Book interaktif elektrokimia berbasis fenomena kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg dan Gall, dengan tahapan: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal dan revisi hasil uji coba. Sumber data penelitian ini adalah  satu orang guru kimia dari SMA Kosgoro Bandar Sribhawono dan 20 orang mahasiswa pendidikan kimia Universitas Lampung angkatan 2014 dan 2015. Karakteristik e-book interaktif hasil pengembangan adalah menggunakan bahasa yang mudah dipahami juga dilengkapi dengan gambar, animasi dan video yang mendukung materi. Guru memberikan tanggapan dengan sangat baik terhadap aspek kesesuaian isi materi dengan kurikulum serta mahasiswa telah memberikan tanggapan dengan sangat baik terhadap aspek keterbacaan, dengan persentase dari masing-masing aspek secara berturut-turut 100% dan 90%.

Kata kunci: elektrokimia, e-Book interaktif, fenomena kehidupan sehari-hari

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyaningrum, R., Wiyarsi, A., dan Priyambodo, E. 2012. Pengembangan Media Smart With Chemistry(SwC) Berbasis Web Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1).

Darlen, R.F., Sjarkawi. Dan Lukman, A. 2015. Pengembangan e-book Interaktif untuk Pembelajaran Fisika SMP. Jurnal Tekno-Pedagogi, 5(1): 13-23.

Djan, O. 2003. Personalising Electronic Books. Journal of Digital Information, 3(4).

Firman, H. 2007. Pendidikan Kimia. dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu (Editor: Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP UPI Bandung). Bandung: Imtima.

Huda, T. A., Fadiawati, N dan Tania, L. 2015. Pengembangan e-book Interaktif pada Materi Termokimia berbasis Representasi kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2): 530-542

Manley, L. and Holley, R.P. 2012. History of the Ebook: The Changing Face of Books. Technical Service Quarterly, 29: 292-311.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran (sebuah pendekatan baru). Jakarta: Gaung Persada Press.

Nguyen, N.G. 2015. Designing and Using interactive e-Book in Vietnam. International Journal of Learning, Teaching Educational Re-search., 11 (1): 75– 98.

Nur’aini, D., Fadiawati, N., dan Tania, L. 2015. Pengembangan e-Book interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(2): 517-529.

Rahayu, E., Heri, S., dan Dwi, Y. 2011. Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampila Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Riyanto. 2013. Elektrokimia dan Aplikasinya. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Syuhada, F.A., Hernani., dan G. Yuliana. 2015. Pengembangan Buku Ajar Reaksi Redoks Menggunakan Konteks Kembang Api untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMA. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 3(1).

Shiratuddin, N. 2003. Ebook Technology and Its Potential Application in Distance Education. Journal of Digital Information, 3(4).

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunyono. Wiraya, I.W., Suyanto, E., dan Suyadi, G. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Provinsi Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Lampung.

Suryani, W., dan Sukarmin. 2012. Pengembangan E-book Interaktif pada Materi Pokok Elektrokimia Kelas XII SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 1(2).

Tim Penyusun. 2003. Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penyusun. 2013. Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Tim Penyusun. 2013. Salinan Lampiran Permendikbud No.69 Tahun 2013 Tentang Kurikulum SMA-MA. Jakarta: Kemdikbud.

Wijayanti. S., Fadiawati, N., dan Tania, L 2015. Pengembangan e-Book Interaktif Kesetimbangan Kimia Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia,4(2): 481-492

Yulianti, E., Fadiawati, N., dan Tania, L. 2015. Pengembangan e-Book Interaktif Laju Reaksi Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2): 481-492.

Yurumezoglu, K and Oguz-Unver, A. 2011. A Suggestion for an Experiment The Integrates the Teaching of Science with Everyday Life: “Why Are the Seas Blue?”. Science Activities, 48: 43-48.

Zhang, D. 2005. Interactive Multimedia-Best E-Learning:A Study of Effectiveness. The American Journal Distance Education, 19(3): 149-162.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.