PERBANDINGAN SIMAYANG TIPE-II DENGAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP
Abstract
This reseach was aimed to determine whether SiMaYang Tipe II learning model in improving metacognition abilities and concept mastery of electrolyte and non-electrolyte was better than problem solving learning model. The samples on this study were students of the 10th grade of MIA 1 as the 1st experiment class were applied to SiMaYang Type II model and the 10th grade of MIA 4 as the 2nd experiment class were applied to problem solving model at SMAN 1 Purbolinggo where they were got by using cluster random sampling. The results research indicates that SiMaYang Type II learning model to improve metacognition abilities and concept mastery was better than use problem solving learning model.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem solving pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diterapkan model SiMaYang Tipe II dan X MIA4sebagai kelas eksperimen II yang diterapkan model problem solving di SMAN 1 Purbolinggo dengan teknik cluster random sampling. Hasil Penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem solving.
Kata kunci: metakognisi, problem solving, SiMaYang Tipe II
Full Text:
PDFReferences
Afdila, D., Sunyono., & Efkar, T. 2015. Penerapan Model pembelajaran SiMaYang Tipe II Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal pendidikan dan pembelajaran
kimia, 1 (4): 248-261
Daveetak, I., Erna, D.L., Mojca, J., & Sasa, A. G. 2009. Comparing Slovenian Year 8 and Year 9 Elementary School Pupils’ Knowlage of Elektrolyte Chemistry and Their Instrisic Motivation. Chem. Educ. Res. Pract., 10(4), 281-291.
Djamarah, S. B., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta: Jakarta.
Dunning, D., Jhonson. K., Ehrlinger. J., & Kruger. J. 2003. Why People Fail to Recognize their own Incompetence. Current Directions in Psychologicial Science 12 (3): 65-76
E. Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan . Remaja Rosdakarya: Bandung.
Georghiades, Petros. 2004. From the general to the situated: three decades of metacognition. International Journal of Science Education, 26 (3), 365 - 383
Izzati, S., Sunyono., & Efkar, T. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Efikasi Diri dan penguasaan Konsep. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia, 1 (4): 262-272
Marcel, V. J. Veenam, Bernadette, H.A.M., & Afflerbach, P. 2006. Metacognition and learning: conceptual and methodological considerations. Department of Developmental and Educational Psychology 1: 3-14
Miranda, Y. 2010. Dampak Pembelajaran Metakognitif dengan Strategi Kooperatif Terhadap Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Mata Pelajaran Biologi di SMAN Palangka Raya. Jurnal Penelitian Kependidikan, 20(2): 233 - 267
Munawarah, L. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving pada Subkonsep Keseimbangan Lingkungan Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas X Matematika Sains SMA Negeri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2): 1-16
Rahman, S & Philips, J.A. 2006. Hubungan Antara Kesadaran Metakognisi, Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti. Malaysia: Jurnal Pendidikan, 3(2): 21-39
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sunyono & Yulianti, D. 2014. Analisis Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan penelitian hibah bersaing tahun pertama. Lembaga penelitian Universitas Lampung.
Sunyono, Yunita, L., & Ibrahim, M. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Model Mental Mahasiswa Topik Stoikiometri Reaksi. Jurnal Pendidikan Progresif, 1 (3): 65-79
Sunyono, Yunita, L., & Ibrahim, M. 2015. Mental Models of Students on Stoichiometry Concept in Learning by Method Based on Multiple Representation. The Online Journal of New Horizon in Education, 5 (2): 104-125
Tugiyah, Sunyono., & Efkar, T. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan Discovery Learning terhadap Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia, 4(3): 1073-1084
Tsoi, M.F., Ngoh, K.G., & Lian, S.C. 2004. Using Group Investigation for Chemistry in Teacher Education. Jurnal of Asia-Pasific Forum on Science Learning and Teaching 5 (1): 105 - 113
Wang, C. 2007. The Role Of Mental-Modeling Abillity, Content Knownledge, and Mental Models in General Chemistry Students Understanding about Molecular Polari. Dissertation (Unpublished). Columbia: University Of Missouri
Refbacks
- There are currently no refbacks.