Pengembangan Animasi Berbasis Simulasi Molekul pada Metode Destilasi
Abstract
This research was aimed to develop animation based on molecular simulation on distillation method. This research used Research and Development(R&D) methode. The result of this research was animation on mixture separation by distillation method that displaying molecule visualization of mixture separation by distillation methode. Based on preliminary field test result, the response of teachers to the content suitability, attractiveness and aesynees aspects were 88% and 86% respectively, and categorized as very hight. The response of students in attractiveness and easyness aspects was categorized as very hight with percentage of 84%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi berbasis simulasi molekul pada metode destilasi. Metode dari penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D). Hasil dari penelitian ini berupa animasi pada materi pemisahan campuran dengan metode destilasi yang menampilkan visualisasi molekul pemisahan campuran dengan metode destilasi. Berdasarkan hasil uji coba lapangan awal, guru memberikan tanggapan pada aspek kesesuaian isi, kemenarikan dan kemudahan penggunaan denganmasing-masing persentase sebesar 88% dan 86% yang dikategorikan sangat tinggi. Tanggapan siswa terhadap aspek kemenarikan dan kemudahan penggunaan memilikikategori sangat tinggi dengan persentase 84%.
Kata kunci : animasi, destilasi, pemisahan campuran, simulasi molekul
Full Text:
PDFReferences
Annuman, M. A. H,. D. Syarifuddin, dan M. Kharis. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi pada Mata Kuliah Literaturgeschichte Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Skripsi. Malang. Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra UM.
Anonim. 2014. Permendikbud RI Nomor 58 tentang Kurikulum 2013 SMP, Karakteristik Mata Pelajaran IPA Lampiran I tentang Mapel IPA.Jakarta.Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewantari, A., Ashadi, dan Sugiharto. 2013. Studi Komparasi Penggunaan Macromedia Flash dan Worksheet Dalam Pembelajaran Kooperatif Metode Learning Cycle 5e Pada Materi Pokok Koloid Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).2 (4): 142-150.
Haryati, S., Miharty., dan R. Pratiwi. 2013. Pemanfaatan media animasi dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMAN 12 Pekanbaru. Prosiding SEMIRATA 2013. 1 (1): 363-368.
Imaniastuti, R. 2011. Simulasi Dinamika Molekul Neuraminidase Virus Influenza A Subtipe H1N1 dengan Inhibitor Potensial Peptida Siklis Disulfida (DNY, LRL, NNY). Skripsi.Jakarta. Universitas Indonesia.
Jalal, F. 2006. Peran PPPG dalam Memfasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan.Jakarta. Makalah disampaikan pada Rapat Koordinasi 12 PPPG.
Khaled, K. F. 2007. Molecular Simulation, Quantum Chemical Calculations andElectrochemical Studies for Inhibition of Mild Steel By Triazoles. Journal of Electrichemica Acta. 53 (9): 34843492.
Lubezki, A., Dori, Y. J., & Zoller, U. 2004. Hocspromoting Assessment of Students Performance on Environment-related Undergraduate Chemistry. Journalof Chemistry Education Research and Practice. 5(2): 175-184.
Maysara. 2016.The Effectiveness of Problem Based Learning (Pb1) Model on Students Learning Outcomes at Class XI IPA 2 of Senior Hight School 5 South Konawe on The Subject Of Colloid System. International Journal of Education and Research. 4(7): 493-504.
Muchson, M. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Topik Gaya Antarmolekul pada Mata Kuliah Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (1): 14-25.
Sadiman, A.S., R. Rahardjo,A. Haryono, dan Rahardjito. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.Jakarta: Rajawali Pers.
Shen, J. W., T. Wu., Q. Wang., dan H. H. Pan. 2008. Molecular Simulation of Protein Adsorption and Desorption on Hydroxyapatite Surfaces. Biomaterials. 29 (5): 513-532.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sujana, A. 2014. Dasar-Dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.
Sukiman. 2012.Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sukmadinata. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syukri. 2007. Kimia Dasar 2. Bandung: ITB.
Tasker, R. dan R. Dalton. 2006. Research Into Practice: Visualisation of the Molecular World Using Animations. Journal of Chemistry Education Research and Practice. 7 (2): 141-159.
Tsaparlis, G & Zoller, U. 2003. Evaluation of Higher vs. Lower-order Cognitive Skillstype Examination in Chemistry: Implications for University inclass Assessment and Examination. Journal of Chemical Education. 7: 50-57.
Umar. 2013. Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah. 10(2): 126-141.
Utami, D. 2011. Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran.7(1): 44-52.
Xie, Q., dan R. Tinker. 2006. Molecular Dynamics Simulations of Chemical Reactions for Use in Uducation. Journal of Chemical Education. 83(1): 77-83.
Refbacks
- There are currently no refbacks.