Pengembangan Animasi Berbasis Simulasi Molekul pada Metode Kromatografi

Vina Rosalina, Tasviri Efkar, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to develop method animation based on molecular simulation by chromatography method. This research used research and development method (R&D). The result of the reseach was animation by chromatography method that displaying molecule visualization of mixture separation by chromatography method. Based on the preliminary field test result, the response of teachers and validator to the content suitability was respectively percentage of 91,11%, and as much as 90,83% was categorized as very hight. The response of teachers, validator, students, in attractiveness and easyness aspects was respectively percentage of 90,19%, 90,56%, and 89,72% with very high category.


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan animasi berbasis simulasi molekul pada metode kromatografi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penelitian ini yaitu animasi pada metode kromatografi yang menampilkan visualisasi molekul pemisahan campuran dengan metode kromatografi. Berdasarkan hasil uji coba lapangan awal, guru dan validator memberikan tanggapan terhadap aspek kesesuaian isi yaitu masing-masing persentase sebanyak 91,11%, dan sebanyak 90,83% yang dikategorikan sangat tinggi, serta tanggapan guru, validator, dan siswa terhadap aspek kemenarikan dan kemudahan penggunaan yaitu masing-masing persentase sebanyak 90,19%, 90,56%, dan 89,72% dengan kategori sangat tinggi.

Kata Kunci : animasi, kromatografi, pemisahan campuran, simulasi molekul


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar: Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

De Jong, T., dan W. R. Van Joolingen. 1998. Scientific discovery learning with computer simulations of conceptual domains. Review of educational research. 68(2): 179-201.

Fuady, C. A. 2015. Pengembangan Media Animasi Flash Player pada Materi Laju Reaksi di SMK Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi. 1 (1): 34-47.

Haryati, S., Miharty., dan R. Pratiwi. 2013. Pemanfaatan media animasi dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMAN 12 Pekanbaru. Prosiding SEMIRATA 2013. 1(1): 363-368.

Kozma, R. B., dan J. Russell. 2005. Students Becoming Chemists: Developing Representational Competence. In J. Gilbert (Ed.), Visualization in Science Education. Dordrecht: Springer. 7: 121-145.

Levy, S. T., dan U. Wilensky. 2009. Students learning with the Connected Chemistry (CC1) curriculum: navigating the complexities of the particulate world. Journal of Science Education and Technology. 18(3): 243-254.

Lubezky, A., Y. J. Dori., dan U. Zoller. 2004. Hocs-Promoting Assessment of Students performance on Environment-Related Undergraduate Chemistry. Chemistry Education Research and Practice. 5(2): 175-184.

Meir, E., J. Perry., D. Stal., S. Maruca., dan E. Klopfer. 2005. How effective are simulated molecular-level experiments for teaching diffusion and osmosis?. Cell Biology Education. 4(3): 235-248.

Miswadi, S. S., S. Priatmoko., dan A. Inayah. 2008. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Berbantuan Komputer Dengan Media Chemo-Edutainment. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2(1): 182-189.

Orvilla, S., dan F. Santoso. 2018. Perancangan Visual Environment Bertemakan Kampung Warna-Warni di Indonesia dalam Film Pendek Animasi Corazn. Jurnal Desain. 5(02): 123-134.

Pujiati, A. dan Nurhayati. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran (Berbantuan Laboratorium Virtual) dan Minat Belajar Tehadap Kemampuan Berpikir Kreatif Kimia. Jurnal Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta. 2(3): 182-189.

Septhiani, S., J. Mujamil., dan R. Ibrahim. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Minyak Bumi di Kelas X SMA N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Kimia. 7(3): 1-5.

Soendari, T., dan P. Asri. 2016. Pengaruh Media Animasi Komputer terhadap Hasil Belajar Sains Anak Tunagrahita Ringan. Jassi Anakku. 8(2): 94-99.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Tasker, R., dan R. Dalton. 2006. Research into practice: visualisation of the molecular world using animations. Chemistry Education Research and Practice. 7(2): 141-159.

Triyanto, E., S. Anitah., dan N. Suryani. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran. Teknologi Pendidikan. 1(2): 226-238.

Tsaparlis, G., dan U. Zoller. 2003. Evaluation of Higher vs. Lower-order Cognitive Skills-type Examinations in Chemistry: Implications for University in-class Assessment and Examinations. University Chemistry Education. 7(2): 50-57.

Utami, D. 2011. Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran. KTP FIP UNY. 7(1): 44-52.

White, B., A. Kahriman., L. Luberice., dan F. Idleh. 2010. Evaluation of software for introducing protein structure. Biochemistry and Molecular Biology Education. 38(5): 284-289.

Wisudawati, A. W., dan E. Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.