Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Septiana Dwi Mulyani, Ratu Betta Rudibiyani, Tasviri Efkar

Abstract


This researched purposed to describe the affectifty of LKS multipel representasi's basis to increased students critical thinking skill. The population on this researched are the all students class X MA Al-Fatah Natar of year2017/2018 in class X MIA A and X MIA B as well as sample using total sampling. This research utilize my method experiment attention with Non Eqiuvalent ( pretest posttest ) Control Group Design. The result of observationaling to point out that effectivity LKS multipel representasi's basis had medium criteria. The average value n-Gain students critical thinking skill as 0,48. Base on those researched LKS multipel representasi's basis increase students critical thinking skill on electrolyte and non electrolyte topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis multipel representasi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Al-Fatah Natar Tahun Ajaran 2017/2018 yaitu kelas X MIA A dan X MIA B yang dijadikan sampel dan diperoleh dengan menggunakan total sampling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen menggunakan Non Eqiuvalent (pretest-posttest) Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektivan LKS berbasis multipel representasi berkriteria sedang, nilai rata-rata n-Gain kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,48. Berdasarkan hal tersebut, LKS berbasis multipel representasi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Kata kunci: LKS, multipel representasi, kemampuan berpikir kritis


Full Text:

PDF

References


Apriyanto, D. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Kemampuan Memori Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hukum-Hukum Dasar Kimia pada Siswa Kelas X Semester Gasal di SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret. 3 (3): 1-10.

Arafah, S. F. dkk. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia. Journal Unnes. 1 (2): 91-98.

Bassham, G., W. Irwin., H. Nardone., dan J. M. Wallace. 2007. Critical Thinking: A Student Introduction. 2nd Edition. Singapore: McGraww-Hill Company, Inc.

Creswell, J. W. 2014. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. New Delhi: Sage Publications,Inc.

Ennis, R. H. 1989. Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research. Journal Eeducation, 18 (3):4-10.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen., dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: Mc Grow-Hill.

Gani, T., A. Auliah., dan S. Faika. 2011. Penguasaan Pengetahuan Deklaratif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia. 1 (12):1-9.

Gurses, A., Cetinkaya, S., Dogar, C. dan Sahin, E. 2015. Determination of Levels of Use of Basic Process Skills of High School Students. Journal of Procedia Social and Behavioral Sciences. 2 (5): 644-650.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Educa-tion Research Conference. Available: http://www.physics.indiana.edu/hake diakses 18 Oktober 2017.

Hananto. R.A. 2015. Lembar Kerja Siswa Berbasis Multipel Representasi Dengan Model SiMaYang Tipe II Untuk Menumbuhkan Model Mental Dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit. Bandarlampung. Universitas Lampung ( Skripsi)

Hananto, R.A. 2015. Lembar Kerja Siswa Berbasis Multipel Representasi Dengan Model SiMaYang Tipe II Untuk Menumbuhkan Model Mental Dan Penguasaan Konsep Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Bandarlampung. Jurnal Pendidikan Kimia 4(1): 131-142.

Herawati, F. R. 2011. Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi Di Tinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia. 2 (2): 13-15, 2013.

Marnita. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9 (1): 43-52.

Safitri, R. A., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Lembar Kerja Siswa Untuk Model Mental dan Penguasaan Konsep Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4 (1): 248-261.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. PT. Trasito. Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. JICA Universitan Pendidikan Indonesia.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Aura Printing & Publishing. Bandar Lampung.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.

Sunyono. 2015. Model pembelajaran Multipel Representasi, Pem-belajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Media Akademi. Yogyakarta.

Sunyono. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education Inter-national. 26 (2): 104-125.

Sutamiati, K., Sunyono, dan T. Efkar. 2015. LKS Berbasis Multipel Representasi Menggunakan Model Si mayang Pada Materi Asam Basa. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4 (1): 236-247.

Tim Penyusun. 2014. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. BSNP. Jakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

OECD (Organization for Economic Cooperation and Development). 2016. PISA 2015 Assesmentand Analytical Framework: matemathics, reading, science, problem solving, and financial literacy. (online). (http://www.keepeek.com/Digital-AssesmentManagement/oecd/education/pisa-2015-assesment-and-analytical-framwork_9789264190511-en.). Diakses pada tanggal 2 Juli 2017.

Rohaeti, E., E. W. LFX., dan R. T. Padmaningrum. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia untuk SMP. Jurnal Unesa. 1 (10): 1-6.

Widjajanti, 2010. Kualitas Lembar Kerja Siswa disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di Ruang Sidang Kimia FMIPA UNY pada tanggal 22 Agustus 2008. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang widjajanti-lfx-ms-dr/kualitas lks.pdf

Zhu, B. dan Y. Zhou. 2012. A St d on Student Affective Factor in Junior High School English Teaching. Journal Canadian Center of Science and Education. 5 (7): 3341.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.