LKS PENURUNAN TEKANAN UAP DAN KENAIKAN TITIK DIDIH BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING

Ayuda Pangestika, Nina Kadaritna, Ila Rosilawati

Abstract


This research which aimed to describe the validity, teachers and students responses, and feasibility of student worksheets of vapor pressure depression and boiling point elevation of solution has been implemented by using R&D method. Developed student worksheets were declared valid by the judgement in content suitability, construction, and legibility aspect 97.22%, 100%, and 100%, respectively, with very high criteria. On preliminary field testing, the result was obtained by teachers and students responses which value of them were 95.47% dan 95.81%, respectively with very high criteria. Based on feasibility test, developed student worksheets worthy were declared by observer 83.36% and students responses in four which each of then were aspect 91.67%, 75.55%, 100%, and 83.33%, respectively, with high and very high criteria.

Penelitian ini yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas, tanggapan guru dan siswa, serta uji keterlaksanaan LKS pada materi penuruan tekanan uap dan kenaikan titik didih larutan telah dilaksanakan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). LKS dinyatakan valid oleh validator pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan berturut-turut 97,22%, 100%, dan 100% dengan kriteria sangat tinggi. Pada uji coba secara terbatas diperoleh hasil dari responden guru dan siswa berturut-turut 95,47% dan 95,81% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji keterlaksanaan, LKS dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran oleh observer sebesar 83,36% dan responden siswa dalam empat aspek berturut-turut 91,67%, 75,55%, 100%, dan 83,33% dengan kriteria sangat tinggi dan tinggi.

Kata kunci: discovery learning, kenaikan titik didih larutan, LKS, penurunan tekanan uap

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. dan Zain. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia Sebagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Bandar Lampung: Unit Data Base dan Publikasi Ilmiah Gedung Dekanant FKIP Unila.

Hosnan.(2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1). 28-35 [Online]. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii. Diakses pukul 05.24 pm tanggal 10 Januari 2016.

Nasika, F. 2012. Pengembangan Students Worksheet Dengan Penemuan Terbimbing Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Mathedunesa, 1(1), 1-8.

Nieveen. 2007. An Introduction to Educational Design Research. Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University. Shanghai (PR China). November 23-26, 2007.

Prasetyo, W. 2012.Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Pendekatan PMR Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMPN 2 Kepohbaru Bojonegoro. Mathedunesa Journal, 1(1), 1-8.

Purnama, F.F. 2014. Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Titrasi. Jurnal pendidikan Kimia FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Roestiyah. 1998. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rohim, F., dan Susanto, H. E. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 1(1),1-5.

Sardini. 2013. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(7), 1.

Senam, Arianingrum, R., Permanasari, L., dan Suharto. 2008. Efektivitas Pembelajaran Kimia Untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Berbasis Life Skill. Jurnal Pendidikan Pengembangan Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran, 9(3), 280-290.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono.2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Syafrullah, M. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Metode Pembelajaran Inquiry dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 11 Palembang. Skripsi. Palembang.(tidak diterbitkan)

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Tim Penyusun. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta:Direktorat Pembinaan Menengah Atas.

Tim Penyusun. 2014a. Permendikbud No.160 tahun 2014. Tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Tim Penyusun. 2014b. Permendikbud No.59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.