PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM KOLOID

Oktavia Nur Rezki, Nina Kadaritna, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


Scientific approarch-based student worksheets on colloid systems has been developed by using R&D method. The main goal of this study not only it, but also described characteristic and responses of teacher and students about developed student worksheets. Limited testing of developed student worksheets was done in upper secondary school in North Lampung District. Based on it, teacher gave respons to the suitability content, the attractiveness, and the readability aspect of developed student worksheets were 100% for each of them. Students also gave responses to the attractiveness and the readability aspect were 96% and 97,03% , respectively and they were categorized in very high criteria.

Telah dikembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Koloid dengan menggunakan metode R & D. Tujuan dari penelitian ini tidak hanya untuk mengembangkan LKS, tetapi juga mendeskripsikan karakteristik dan respon guru dan siswa tentang LKS yang dikembangkan. Uji coba terbatas LKS hasil pengembangan telah dilaksanakan di SMA di Kabupaten Lampung Utara. Berdasarkan uji coba tersebut, guru memberikan respon terhadap aspek kesesuaian isi, kemenarikan dan keterbacaan pada pengembangan LKS ini sebesar 100% pada semua aspek. Siswa juga memberikan respon terhadap aspek kemenarikan dan keterbacaan sebesar 96% dan 97,03%, yang dikategorikan sangat tinggi.

Kata kunci: lembar kerja siswa, pendekatan saintifik, sistem koloid

Full Text:

PDF

References


Arafah, S. F., Priyono, B., dan Ridlo, S. 2012. Pengembangan LKS Berbasis Berpikir Kritis Pada Materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education, 1 (1) : 47-53

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

DebBurman . 2002. Learning How Scientists Work: Experiential Research Projects to Promote Cell Biology Learning and Scientific Process Skills. Journal of Research in Science Teaching,1 (4) : 154-172.

Demoin, D.W. dan Jurisson, S.S. 2010. Chemical Kinetics Laboratory Discussion Worksheet. Journal Chemical Education ,90(9) : 1200-1202.

Duron, R., Limbach, B., dan Waugh, W. 2006. Critical Thinking

Framework for Any Discipline. Inter. J. Teach. Learn. Higher Educ.,17(2): 160-166.

Fajri, L., Kus, M., dan Agung, N. 2012. Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Turnament) Dilengkapi dengan Teka-Teki Silang. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1) : 1-8.

Fauziah, R., Ade, G. A., dan Dadang, L. H. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Invotec, 9(2) : 165-178.

Irwandi. 2012. Pengaruh Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Biologi melalui Strategi Inkuiri dan Masyarakat Belajar pada Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda terhadap Hasil Belajar kognitif di SMA Negeri Kota Bengkulu. Jurnal Kependidikan Triadik, 12(1) : 33-41.

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1) : 28-35.

Mary.L. A. (2002). Mastery of science process skills and their effective use in the teaching of science: An Educology of science Education in the Nigerian Context. International journal of educology, 16(1).

Riduwan, M.B.A. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfabeta

Rismalinda. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan, 2(2)

Rohaeti, E., Endang. W., dan Regina, T.P. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1) : 1-11

Santika, N. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Teori Tumbukan. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Setiawati, N.T., Ashadi dan Agung, N. 2012. Studi Komparasi Tipe STAD dan TGT pada Materi Koloid ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1) : 1-7

Sintia, R., Abdurrahman, dan. Wahyudi, I. 2015. Pengembangan LKS Model Dicovery Learning Melalui Pendekatan Saintifik Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2) : 125-134

Subainar. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Skripsi. BandarLampung : Universitas Lampung

Sudjana, N . 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung : PT.Tarsit.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sujarwanta, A. 2012. Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Nuansa Kependidikan. 1(16) : 75-83.

Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun . 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta : Depdiknas

Tim penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta : Kemdibud.

Tim Penyusun. 2014. Lampiran I Permen Nomor 59 th 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta : Permendikbud.

Utami, H.N . 2015. Pengem-bangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Scientific Appoarch (Pendekatan Ilmiah) pada Materi Sistem Perodik Unsur. Skripsi. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Yildirim, N., Kurt, S., dan Ayas, A. 2011. The Effect of The Worksheet on Students Achievement in Chemical Equilibrium. Journal of Turkish Science Education, 8(3) : 44-58


Refbacks

  • There are currently no refbacks.