ALAT DISTILASI SEDERHANA BERBASIS BARANG BEKAS

Ari Budiyanto, Noor Fadiawati, Lisa Tania, M Mahfudz Fauzi Syamsuri

Abstract


The simple distillation apparatus based scrap wares have been generated by using research and development methods. This apparatus was used for experiment of distillation in secondary school. The functional testing was conducted to undergraduated students of Chemical Education University of Lampung and the testing was done at SMPN 8 Bandar Lampung. The results of functional testing, teachers and students responses obtained percentage of 100%. Based on the result, simple distillation apparatus generated based scrap wares has good function and valid for use in learning activities at school in very high category.

Telah dikembangkan alat distilasi sederhana berbasis barang bekas yang digunakan untuk kegiatan praktikum distilasi di sekolah dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Uji coba keberfungsian alat dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Kimia Unila dan uji coba lapangan dilaksanakan di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Hasil uji menyatakan bahwa keberfungsian alat, respon guru dan respon siswa memperoleh persentase 100%. Berdasarkan persentase tersebut maka alat distilasi sederhana berbasis barang bekas yang dikembangkan telah berfungsi dengan baik dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dengan kategori sangat tinggi.

Kata kunci: alat distilasi sederhana, barang bekas, praktikum


Full Text:

PDF

References


Abrahams, L., & Millar, R. 2008. Does practical work really work? a study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, 30(14): 1945-1969.

Anidityas, N. A., Utami, N. R., & Widiyaningrum, P. 2012. Penggunaan alat peraga sistem pernapasan manusia pada kualitas belajar siswa SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 1(2): 60-69.

Apriliyanti, D. D., Haryani, S., & Widiyatmoko, A. 2015. Pengembangan alat peraga IPA Terpadu pada tema pemisahan campuran untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Unnes Science Education Journal, 4(2): 835-841.

Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Bina Aksara. Jakarta

Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. 2012. Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(1), 51-59.

Atnur, W. N., Lufri, & Sumarmin R. 2015. Analisis pelaksanaan praktikum IPA biologi kelas VIII semester 1 di SMP Negeri se-Kecamatan Lubuk Begalung tahun pelajaran 2014/2015. Kolaboratif, 2(2): 1-21.

Campanizzi, D. R. D., Mason, B., & C. K. F. Hermann. 1999. Distillation Apparatuses using household items. Journal of Chemical Education, 76(8): 1079-1080.

Clausen, T. P. 1988. A simple apparatus for continuous steam distillations. Journal of Chemical Education, 65(1): 92.

Ellervik, U., & Grundberg, H. 1999. A microscale vacuum distillation apparatus for simple separations. Journal of Chemical Education, 76(7): 986.

Fenster, A. N. 1967. A simple distillation apparatus. Journal of Chemical Education, 44(11): 660.

Garnett, P.J., Garnett, P. J., & Hacking, M. W. 1995. Refocusing the chemistry lab: A casefor laboratory-based investigations. Australians Science Teachers Journal, 41(2): 26-32.

Hayat, M. S., Anggraeni, S., & Redjeki, S. 2012. Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah siswa. Bioma, 1(2): 141-152.

Hodson, D. 1990. A critical look at practical working school science. School Science Review, 70(256): 33-40.

Hofstein A. & Naaman, R. M. 2007. The laboratory in science education: The state of the art. Chemistry Education Research and Practic, 8(2): 105-107.

Hofstein A. & Luneta, V. N. 2004. The laboratory in science education: Foundations for the twenty first century, Science Education., 88 (1): 28-54.

Jamaluddin, J., Amiruddin, K., & Nurjannah, N. 2015. Analisis pelaksanaan praktikum menggunakan KIT IPA fisika di SMP Se-Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako, 3(1): 6-13.

Jumari, A., Wibowo, W. A., Handayani, & Ariyani, I. 2009. Pembuatan etanol dari jambu mete dengan metode fermentasi. Ekuilibrium, 7(2): 48-54.

Kahl, A., Heller, D., & Ogden, K. 2014. Constructing a simple distillation apparatus to purify seawater: A High school chemistry experiment. Journal of Chemical Education, 91(4): 554-556.

Kister, H. Z. 1992. Distillation Design. New York: Mc Graw-Hill, Inc.

Ledgard, J. B. 2006. A Laboratory History of Chemical Warfare Agents. United Sates: J. B. Ledgard.

Maulina, D. 2014. Profil kemampuan guru-guru IPA SMP se-Bandar Lampung dalam melakukan kegiatan praktikum. Jurnal Bioterdidik, 2(8): 1-6.

Natalia, K., & Utami, S. 2015. Meningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(11): 1-16.

Ningrum, D. J., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. 2015. Pengaruh model quantum teaching dengan metode praktikum terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada mata pelajaran fisika kelas x di SMA Plus Darul Hikmah. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2): 116-120.

Pratiwi, I., Murniati, & Fathurahman, A. 2013. Pengaruh metode praktikum menggunakan KIT optik terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan cahaya di kelas VIII SMP Negeri 1 Prabumulih. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(2): 90-95.

Pujiastuti, E., Raharjo, T. J., & Widodo, A. T. 2012. Kompetensi profesional, pedagogik guru IPA, persepsi siswa tentang proses pembelajaran, dan kontribusinya terhadap hasil belajar IPA di SMP/MTs Kota Banjarbaru. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology,1(1): 22-29.

Saputra, E. Z., Rosnita, & Haswari H. 2015. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(11): 1-11.

Shen, C., & Melius, P. 1976. A simple apparatus for continuous distillation. Journal of Chemical Education, 53(4): 262.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sukmadinata, N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumintono, M. B., Ibrahim, M. A., & Phang, F. A. 2010. Pengajaran sains dengan praktikum laboratorium: Perspektif dari guru-guru sains SMPN di kota Cimahi. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 15(2): 120-127.

Tim Penyusun. 2014. Lampiran Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kemendikbud.

Wallenbarger, F. T., O'connor, W. F., & Moriconi, E. J. 1959. A Simple universal apparatus for steam distillation. Journal of Chemical Education, 36(5): 251.

Widiyatmoko, A. 2013. Pengembangan perangkat pembelajaran terpadu berkarakter menggunakan pendekatan humanistik berbantu alat peraga murah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1): 76-82.

Widiyatmoko, A. & Pamelasari, S. D. 2012. Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1): 51-56.

Widiyatmoko, A. & Nurmasitah, S. 2013. Designing simple technology as a science teaching aids from used materials. Journal of Environmentally Friendly Processes, 1(4): 26-33.

Winarti, T. & Nurhayati, S. 2015. Pembelajaran praktikum berorientasi proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2): 1409-1419.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.