Efektivitas LKS Berbasis KPS Materi Asam-basa dalam Meningkatkan KPS dan Sikap Ilmiah

Wahyu Arif Furqon, Noor Fadiawati, Nina Kadaritna

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of acid-base student worksheets based-on SPS to increase students SPS and scientific attitudes. The design of this research was the matching only pretest and posttest control group design. The population of this research was all of students XI science at SMAN 16 Bandarlampung in academic year2016-2017. The sample of research were class XI IPA 4 and XI IPA 6. Instrument in this research were students worksheets based on SPS and conventional student worksheets, pretest and postest, questions and attitude assessment sheets. t test results of average n-gain value showed that student SPS applied by using worksheets based-on SPS is higher than the average n-gain of students' SPS with conventional learning. Science Attitudes of the student also increased, It can be concluded that implementation of student worksheets based-on SPS was effective to increase students SPS and scientific attitudes in the learning of acid and bases topic.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis KPS dalam meningkatkan KPS dan sikap ilmiah siswa pada materi asam-basa. Desain penelitian ini adalah the matching only pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 16 Bandarlampung tahun pelajaran 2016-2017. Sample penelitian adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 6. Instrumen yang digunakan yaitu LKS berbasis KPS, LKS konvensional, soal pretes dan postes serta lebar penilaian sikap. Hasil uji t terhadap rata-rata n-gain KPS siswa pada materi asam-basa yang diterapkan pembelajaran menggunakan LKS berbasis KPS lebih tinggi daripada rata-rata n-gain keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran menggunakan LKS konvensional. Sikap ilmiah juga meningkat, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran dengan LKS berbasis KPS efektif dalam meningkatkan KPS dan sikap ilmiah siswa pada materi asam-basa.

Kata kunci: asam-basa, sikap ilmiah, KPS, LKS


Full Text:

PDF

References


Abdullah, C. dan Parris, J. 2015. Critical Analysis of Primary Literature in a Masters-Level Class: Effects on Self-Efficacy and Science-Process Skills. Journal Sciences Education. 14: 1-13.

Abungu, H. E. O., Okere, M. I. O. dan Whacanga, S. W. 2014. Effect of Science Process Skills Teaching Strategy on Boys and Girls Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Education and Practice. 5(15): 42-48.

Anita, I. R. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kps Siswa Pada Sub Materi Ciri-Ciri Filum Hewan Invertebrata. Bandar lampung: Universitas Lampung.

Arsyad, A. 2004. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers.

Astuti, R., W. S. Sunarno, dan S. Sudarisman. 2012. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan KPS Menggunakan Metode Ekkperimen Bebas Termodifikasi Dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal INKUIRI , 1(1) : 51-59.

Carin, A. A. 1997. Teaching Science Through Discovery, 8th edition. Ohio: MerrillPubl. Co.

Choo, S. S. Y., Rotgans, J. I., Yew, F. H. J. dan Schmidt, H. G. 2011. Effect of Worksheet Scaffods on Student Learning in Problem Based Learning. Jurnal Adv in Health Sci Educ of Singapure, 16: 517-52.

Dahar, R. W. 1985. Teori-Teori Belajar. Erlangga. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Esler, W. K dan Esler, M. K. 1996. Teaching Elementary Science. California: Wadsworth.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia se-bagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Eduspot Edisi 10 (Maret-Juni), hlm 8-9.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E. dan Hyun, H. H. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: Mc. Graw hill Companies, Inc.

Hake, R. 1998. Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.

Istikomah, H., Hendratto, S., dan Bambang, S. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1): 40-43.

Lestari, W., Susilowati, E., Mahardiabi, L., dan Nugroho C. S. A. 2012. Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Metode Praktikum Yang Dilengkapi Dengan Lembar Kerja Siswa (Lks) Dan Diagram Vee Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Pokok Perubahan Materi Kelas Vii Semester Genap Di Mtsn 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 1(1): 107-116.

Ozdemir G. dan Dikici, A. 2017. Relationship Between Science Process Skills and Scientific Creativity : Mediating Role of Nature of Science Knowledge. Journal of Education in Science, Environment and Health. 3(1) : 51-68.

Pangestika, M. W., dan Suyanto, E. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Kompetensi Dasar Menyelidiki Sifat-Sifat Zat. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(1): 55-65.

Rustaman, N. Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Rustaman, N. Y., dan Rustaman, A. 2003. Kemampuan Kerja Ilmiah Dalam Sains. Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. 48: 1-16.

Saregar, A., Sunarno, W., dan Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Menggunakan Multimedia Interaktif Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Kemampuan Verbal Siswa. Inkuiri. 2 (2) : 100-113.

Senam, A. R., Permanasari, R., L., dan Suharto. (2008). Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. Diakses 08 Desember 2016 dari http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/9308280290.pdf.

Suastra, I. W. 2009. Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudjana. 2002. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sulistyorini, S. 2007. Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Semarang: Tiara.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2003. Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Tim Penyusun. 2013. Permendikbud No 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, A. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa. Bandar lampung: Universitas Lampung.

Yanto, M., dan Yanto, P. C. 2014. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Keragaman Sistem Organisasi Kehidupan (Kuasi Eksperimental Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap Smp Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi.

Yunita, R. D., Rosilawati, I., Tania, L. 2015. Efektivitas Pendekatan Ilmiah Pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Merencanakan. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia. 4(1): 1-15.

Zeidan, A. H., dan Jayosi, M. R. 2015. Science process skills and attitudes toward science among palestinian secondary school students. World journal of Education. 5(1): 13-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.