PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
Abstract
Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh ketepatan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran. Model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan adalah model pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pembelajaran model problem solving dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit serta redoks.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 kelas X6 dan kelas X7. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain keterampilan mengelompokkan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,441 dan 0,60 dan rerata n-Gain keterampilan meng-komunikasikan kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,51 dan 0,66. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran problem solving memiliki keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan yang lebih tinggi dibandingkan kelas pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengkomunikasikan siswa.
Kata kunci : Pembelajaran problem solving, keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengkomunikasikan.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,S. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.
Djamarah dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Komalasari, K. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.
Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Soetardjo. 1998. Proses Belajar Mengajar Dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. SIC. Surabaya.
Sudjana, N. 2005. Metoda Statistika Edisi keenam. PT. Tarsito. Bandung.
Suyanti, R. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Bhratara Karya Aksara. Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.