PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR ELABORASI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
This research was aimed to describe the practicality, effectiveness, and effect size of discovery learning model to improve the students elaboration thinking skill on buffer solution topics. This research used poor experimental method with one group pretest-posttest design. The sample of the research was class XI MIPA 2 of SMAN 1 Gedong Tataan which was taken by cluster random sampling. Practicality was measured by implementation of discovery learning model and students response. Effectiveness was measured by basis of teacher ability, students activity, and the students elaboration thinking skill and effect size measurement. The results showed that discovery learning model practice, effective, and has big effect size to improve the students elaboration thinking skill on buffer solution topics.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan dan ukuran pengaruh model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi peserta didik pada materi larutan larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode poor experimental dengan one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Gedong Tataan menggunakan teknik cluster random sampling. Kepraktisan ditentukan berdasarkan keterlaksanaan model discovery learning dan respon peserta didik. Keefektivan ditentukan berdasarkan kemampuan guru, aktivitas peserta didik, dan kemampuan berpikir elaborasi peserta didik dan uji ukuran pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning praktis, efektif, dan memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi pada materi larutan penyagga.
Kata kunci: discovery learning, keterampilan berpikir elaborasi, larutan penyangga
Full Text:
PDFReferences
Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. 2016. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Penerapan Guided Inquiry dipadu Brainstorming pada Materi Pencemaran Air. Prosiding Seminar Biologi, 13 (1): 868-872.
Anissa, N.Y., Zainudin, & A. Salam. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Ke-terampilan Berfikir Kreatif Siswa SMP pada Pokok Bahasan Cahaya dengan Model Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5 (1): 1-14.
Arnyana, I. B. P. 2007. Pengembang-an peta pikiran untuk pe-ningkatan kecakapan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Undiksha, 3: 670-683.
Balim, A., G. 2009. The Effects of Discovery learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari Eurasian Journal of Educational Research. 35:1-20.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1) : 99-118.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York : Mc Grow-Hill.
Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., & Sukarjo, J., S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (2): 65-73.
Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.
Kadri, M. & Rahmawati, M. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1 (1): 29-33.
Mahmoud, 2014. The Effect of Using Discovery learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to first year General Secondary Student on Developing Their Achievement and Meta-cognitive Skills. International. Journal of Innovation and Scientific Research. 5: 146-153.
Martin, R. E., Sexton, C. M., Franklin, T. J., Gerlovich, J. A., & McElroy, D. 2009. Teaching science for all children: An inquiry approach. New York, NY: Pearson.
Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Muzaki, A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa MTs Negeri 1 Jonggat Dengan Pembelajaran Tasc (Thinking, Actively dan Social Context) Pada Materi Segitiga. Jurnal Media Pendidikan Matematika. 2 (1) : 197-202.
Permendikbud. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III, PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pratiwi, U., & Fasha, E. F. 2015. Pengembangan Instrumen Pe-nilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1 (1) : 123-142.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal MIMBAR PGSD, 2 (1) : 1-11.
Rohim, F., Susanto, H., & Ellianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1 (1) :1-5.
Rudyanto, H. E. 2014. Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum, 4 (1): 41-48.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito.
Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Re-presentasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.
Tumurun, S.W., D. Gusrayani, & A. K. Jayadinata. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampil-an Berfikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1): 1-10.
Wang, A. Y. 2011. Contexts of Creative Thinking: A Comparison on Creative Performance of Student Teachers in Taiwan and the United States. Journal of International and Cross-Cultural Studies, 2 (1) : 1-14.
Wati, D. A., Fadiawati, N., & Tania, L. 2014. Pembelajaran Ke-setimbangan Kimia Meng-gunakan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Elaborasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3 (2) : 1-15.
Refbacks
- There are currently no refbacks.