Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan pada Materi Asam Basa Arrhenius

Eka Irmayta, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe the validity, reliability, difficulty, discrimination power and responses of teachers and students to knowledge assessment instruments on Arrhenius acid base. This research method was a research and development (R & D). Validity is assessed through the legibility aspect and the content conformity of the matter with the material. Reliability and discrimination power were analyzed using SPSS 17.0, where Pearson Correlation on SPSS application stated discrimination power and Alpha Cronbach on SPSS application stated relibility. Difficulty level was analyzed using ANATES program description. The results of this research indicate that the knowledge assessment instrument is good and can be used it is seen from the reliability value and discrimination power that have high category and medium level of difficulty.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda serta tanggapan guru dan siswa terhadap instrumen asesmen pengetahuan pada materi asam basa Arrhenius. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Validitas dinilai melalui aspek keterbacaan dan kesesuaian isi soal dengan materi. Reliabilitas dan daya beda dianalisis menggunakan SPSS 17.0, dimana Pearson Correlation pada aplikasi SPSS menyatakan daya beda dan Alpha Cronbach pada aplikasi SPSS menyatakan reliabilitas. tingkat kesukaran dianalisis menggunakan program ANATES uraian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen asesmen pengetahuan sudah baik dan dapat digunakan hal ini dilihat dari nilai reliabilitas dan daya beda soal yang memiliki kategori tinggi serta tingkat kesukaran soal yang dominan sedang.

Kata kunci: asesmen, validitas, asam basa Arrhenius



Full Text:

PDF

References


Agustin, D., Kadaritna, N., dan Tania, L. 2015. Pengembangan Intrumen Asesmen Pengetahuan Pada Materi Teori Atom Bohr Dan Mekanika Kuantum. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 93-103.

Amelia, R. N., Kriswantoro. 2017. Implementasi Item Response Theory Sebagai Basis Analisis Kualitas Butir Soal dan Kemampuan Kimia Siswa Kota Yogyakarta. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia (JKPK), 2 (1): 1-12

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., and Bloom, B. S. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Edu-cational Objectives. Newyork: Longman.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pem-belajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ary, D., Jacobs, L. C., dan Razavieh, A. (2010). Introduction to Research in Education (8thEd). Belmont: Wadsworth, Cengage Learning.

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., dan Rahayu, E. S. 2012. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1), 39-43.

Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Francisko, J. S., Nakhleh, M. B., Nerrenbern, S.C, and Miller, M. 2002. Assessing student understanding of general chemistry with concept mapping. J. Chem. Edu., 79(2):248-257.

Jihad, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo. Ypgyakarta

Kereh, C. T., Lilisari., Tjiang P. C., dan Sabandar J. 2015. Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Matematika Dasar yang Berkaitan dengan Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika 2 (1): 36-46

Kumano, Y. 2013. Authentic Assessment and Portfolio Assessment, Chapter 8, Section 2, The Theories and Practices of Science Education which Lead to New Learning., Middle School Level, Edited by Izumi Ohtaka, Minerva.

Kusairi, S dan Aman S. 2013. Peningkatan Kualitas Guru SMP/MTs Dari Sabang Sampai Merauke melalui Pembelajaran Bermakna Terintegrasi dengan Lesson Study. Malang: PT Pertamina dan Universitas Negeri Malang.

Kusairi, S. 2012. Analisis Asesmen Formatif Fisika SMA Berbantuan Komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 16. Edisi Dies Natalis ke-48 UNY: 68-87.

Lin, H.S. and Cheng H.J. 2000. The assessment of students and teachers understanding of gas laws. J. Chem. Educ., 77 (2): 235-238

Matondang, Z. 2009. Validitas dan Relabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa, 6 (1): 87-97

Oktharia, E., Rudibyani R. B., dan Sofia E. 2017. Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan untuk Mengukur Pengukuran Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Oembelajaran Kimia, 6 (1): 74-85

Rahayu, T. D., Purnomo B. H., dan Sukidin. 2014. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Pada Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Bentuk Pilihan Ganda Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2012-2013. Jurnal Edukasi UNEJ, 1 (1): 39-43

Samosir, T., Diawati C., dan Kadaritna K. 2012. Development Assesment Of Acid Base Based On Sciense Process Skill. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 1 (2): 1-14

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Sunyono, Wirya, I.W., Suryadi, G., dan Suyanto,. E. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generic Sains pada Siswa SMA di Provinsi Lampung. Laporan Penelitian Berhibah Bersaing Tahun I. Dikti. Jakarta.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Surabaya. Doktor. Surabaya: Universitas Negeri

Susongko, P. 2010. Perbandingan Keefektifan Bentuk Tes Uraian dan Testlet dengan Penerapan Graded Response Model (GRM). Jurnal

Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14 (2): 269-288

Suwarto. 2010. Mengungkap karakakteristik tes uraian. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 19 (2): 206-224

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III, PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Uno, H. B. dan Koni, s. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Wulandari, R. R. A., Yamtinah S., dan Saputro S. 2015. Instrumen Two Ter Test Aspek Pengetahuan untuk Mengukur Ketrampilan Proses Sains (KPS) Pada Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(4): 147-155


Refbacks

  • There are currently no refbacks.