PENINGKATAN PENGGUASAAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif pada materi laju reaksi dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Model pembelajaran Siklus Belajar Empiri Induktif ini terdiri dari tiga fase yaitu, fase eksplorasi, fase pengenalan konsep dan fase aplikasi konsep. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan disain penelitian Non Equivalent kontrol grup (Pretest and Posttest). Efektivitas Siklus Belajar Empiris Induktif ditunjukkan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran (gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukan peningkatan rata-rata nilai penguasaan konsep siswa pada kelas kontrol sebesar 7,03 dan kelas eksperimen sebesar 34,74 dan rata-rata nilai N-gain untuk penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,46 pada kelas kontrol sebesar 0,10. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Siklus belajar empiris induktif efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi laju reaksi kimia.
Kata kunci : model pembelajaran siklus belajar empiris induktif, penguasaan konsep, laju reaksi kimia
Full Text:
PDFReferences
Dimyati, dkk. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Djamarah, S. B. dan Aswan Zein. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Lawson. 2005. The learning Cycle. www.google.co.id. 2005. 16 Desember 2010. http://www.sahra.arizona.edui/education/pbl_workshop/TheLearningCycle.
Muhammadzen, I. 2008. Sumber Pengetahuan. 18 April 2008. 15 Desember 2010. http://Iswandimuhammadzen.Multiply.com/journal/item/8.
Pannen, P., D. Mustafa dan M. Sekarwinahyu. 2001. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Dikti. Jakarta
Purba, M. 2006. Kimia Kelas X. Erlangga. Jakarta.
Prianto dan Harnoko. 1997. Perangkat Pembelajaran. Depdikbud. Jakarta.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja grafindo Persada. Jakarta.
Sudjana. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. PT. Tarsito. Bandung.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta
Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Yogyakarta.
Warsita. 2008. Efektivitas Perangkat Pembelajaran. http://id.shvoong.com/ social-sciences/education/2198130-efektivitas-perangkat-pembelajaran. Diakses pukul 09.00 pm tanggal17 Septeber 2010.
Yasin, A. 2007. Model Pembelajaran Empiris-Induktif untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Sel Elektrokimia. FPMIPA UPI. Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Vol 1 No. 1, Maret 2007.
Refbacks
- There are currently no refbacks.