Pengaruh Scaffolding dalam Pembelajaran SiMaYang untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Self Efficacy

Veni Darmawanti, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the scaffolding strategy effect in SiMaYang learning to improve students chemical literacy ability and self efficacy on acid base topic. This research used quasi experiment with Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. The samples on this research were students of XI IPA4 as an experiment class and XI IPA1 as a control class in SMAN 6 Metro. Scaffolding strategy effect in SiMaYang learning was determined by the accomplishment of scaffolding strategy and SiMaYang learning, including the enhancement of students chemical literacy ability and self efficacy. The result showed that scaffolding strategy in SiMaYang learning had large effect to improve students chemical literacy ability and self efficacy with in high category of n-gain, while in SiMaYang learning without scaffolding strategy also had large effect to improve students chemical literacy ability and self efficacy, but with in middle category of n-gain.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa pada materi asam basa. Metode penelitian ini menggunakan kuasi eksperiemen dengan Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA1 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 6 Metro. Pengaruh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang ditentukan berdasarkan keterlaksanaan strategi scaffolding dan pembelajaran SiMaYang, serta peningkatan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa dengan n-gain berkategori tinggi, sedangkan pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding juga memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan self efficacy siswa, namun dengan n-gain hanya berkategori sedang.

Kata kunci: literasi kimia, pembelajaran SiMaYang, pengaruh, scaffolding, self efficacy

Full Text:

PDF

References


Afdila, D., Sunyono, dan T. Efkar. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 248-261.

Alake, E. M. dan O. E. Ogunseemi. 2013. Effects of Scaffolding Strategy on Learners Academic Achievment in Integrated Science at The Junior Secondary School Level. European Scientific Journal, 9 (19): 149-155.

Astuti, D. P., Rasmiwetti, dan Abdullah. 2016. Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Perhentian Raja. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3 (1): 2-6.

Dincer, E. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: A Meta Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-108.

Fatmawati, I. N. dan S. Utari. 2015. Penerapan Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP Tema Limbah dan Penanggulangannya. Jurnal Edusains, 7 (2): 151-159.

Fitriani, W., Hairida, dan I. Lestari. 2014. Deskripsi Literasi Sains Siswa dalam Model Inkuiri pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 3 (1): 2-11.

Harahap, D. 2008. Analisis Hubungan antara Efikasi Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. Jurnal Jurusan Pendidikan Kimia, 3 (1): 42-53.

Holbrook, J. dan M. Rannikmae. 2009. The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of Environmental and Science Education, 4 (3): 275-288.

Isnadini, W., Hairida, dan R. Rasmawan. 2014. Pemberian Corrective Feedback Disertai Reward terhadap Efikasi Diri dan Hasil Belajar Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (8): 1-12.

Izzati, S., Sunyono, dan T. Efkar. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II Berbasis Multipel Representasi pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1). 27-39.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.

Kusworo, P dan P. Hardinto. 2009. Efektifitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding dalam Ketuntasan Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Eko-nomi, 2 (1): 74-89.

Majidah, Hairida, dan Erlina. 2013. Korelasi Antara Self Efficacy dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (9): 1-10.

Mamin, R., 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding dalam Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 10 (2): 55-60.

Meidayanti, R., Sunyono, dan L. Tania. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (3): 856-867.

Murod, R. R. 2015. Pendekatan Pembelajaran Metakocognitive Scaffolding dengan Memanfaatkan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nussu, A. 2011. Scaffolding dalam Program Pengajaran Mikro Kimia. Disertasi Doktor SPS UPI Bandung tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

OECD. 2009. PISA 2009 Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics, and Science. [OECD Publishing Online]. Tersedia di: http://oecd.org/dataoecd/11/40/44455820.pdf (17 November 2016).

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, and Financial Literacy. [Online]. Tersedia di: http://www.keepeek.com/DigitalAssetManagement/oecd/education/pisa2012assessmentandanalyticalframework9789 24190511en (20 November 2016).

OECD. 2016. Programme for International Students Assessment Non OECD Countries. [OECD Publishing Online]. Tersedia di: http://www.oecd.org/edu/school/programmeforinternationalstudentsassessmentpisa/33690591.pdf (20 Maret 2017).

Putrizal, I., Sunyono, dan T. Efkar. 2015. LKS Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit Berbasis Multipel Representasi Menggunakan Model SiMaYang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 236-247.

Rakhmawan, A., A. Setiabudi, dan A. Mudzakir. 2015. Perancangan Pembelajaran Literasi Sains Berbasis Inkuiri pada Kegiatan Laboratorium. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1 (1): 143-152.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sihaloho, V. F. L., N. Bialangi, dan M. Sihaloho. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Melalui Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA2 SMA Negeri 1 Tapa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Fakultas MIPA Universitas Negeri Gorontalo, 1-8.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi (Model SiMaYang). Bandarlampung: Aura Printing & Publishing.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Kimia Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Program S3 Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Sunyono, L. Yuanita, dan M. Ibrahim. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Model on Atomic Structure Concept. Science Education International, 26 (2): 104-125.

Suryati. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran LC Dipandu Diagram Alir terhadap Kualitas Proses, Hasil Belajar, dan Kemampuan Metakognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 1 (1): 1-13.

Talisna, A. F., Sunyono, dan E. Sofya. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (3): 820-831.

Ulva, G. S. S., Sunyono, dan L. Tania. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (3): 844-855.

Wade, C. dan C. Tavris. 2007. Psikologi Jilid 2. Diterjemahkan oleh Mursalin, P. dan Dinastuti. 2007. Jakarta: Erlangga.

Yusuf, M. 2011. The Impact of Self Efficacy, Achievement Motivation, and Self Regulated Learning Strategies on Students Academic Achievement. Prosedia Social and Behavioral Sciences, 15 (2011): 2623-2626.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.