Pengaruh Scaffolding dalam Pembelajaran SiMaYang dalam Meningkatkan Literasi Kimia dan Metakognisi

Ummul Karimah, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


The research was aimed to describe the effect of scaffolding strategy in SiMaYang learning to improve the chemical literacy skill and students metacognition on acid base topic. The research used Pretest-posttest Control Group Design method, which was conducted in SMA Muhammadiyah 1 Metro with Cluster Random Sampling technique.The result showed that there was 85% improvement of chemical literacy and 95% improvement of students' metacognition in experimental class which was influenced by scaffolding strategy in SiMaYang learning and 74% improvement of chemical literacy and 87% improvement of students' metacognition in the control class which was influenced by SiMaYang learning with big category on acid base topic. Based on the research, it can be concluded that scaffolding strategy has big infuence in improving the chemical literacy in the experimental class and it has moderate influence in improving metacognition skill both in the experimental class and the control class where this effect sizes measures can be distinguished by the differences of students n-gain.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh scaffolding pada pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan metakognisi siswa pada materi asam basa. Metode yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design di SMA Muhammadiyah 1 Metro dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat 85% peningkatan literasi kimia dan 95% peningkatan metakognisi siswa kelas eksperimen dipengaruhi oleh strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang dan 74% peningkatan literasi kimia dan 87% peningkatan metakognisi siswa kelas kontrol dipengaruhi oleh pembelajaran SiMaYang pada materi asam basa. Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi scaffolding berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia pada kelas eksperimen dan berpengaruh sedang pada kelas kontrol, serta pembelajaran SiMaYang berpengaruh besar dalam meningkatkan kemampuan metakognisi pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol yang mana besarnya effect size ini dapat dibedakan berdasarkan hasil n-gain siswa.

Kata kunci: effect size, scaffolding, SiMaYang, literasi kimia, metakognisi


Full Text:

PDF

References


Anisa, D.N., Masykuri, M., & Yamtina, S. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict, Observe, And Explanation) dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa dan Garam Kelas VII Semester 1 SMPN 1 Jateng Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, (2)2: 16-23.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Dahar, R.W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-118.

Fitriani, W. Hairida, & Lestari, I. 2014. Deskripsi Literasi Sains Siswa Dalam Model Inkuiri Pada Materi Laju Reaksi Di Sman 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (3)1: 1-13.

Halbrook, J. 2005. Making Chemistry Teaching Relevant. Chemical Education Internasional. 6(1): 1-12.

Indrawati. 2017. Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Kontruktivisme Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. (1)1 : 9-16.

Izzati, S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II Berbasis Multipel Reprenstasi Pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Asam Basa. Skripsi. Universitas Lampung. Bandarlampung.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.

Jauhariyyah, F.R., Suwono, H., & Handayani, N. 2015. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Scaffolding Terhadap Kemampuan Analisis Siswa SMA Negeri 3 Lumajang. Skripsi. Universitas Negeri Malang. Malang

Johnstone, A.H. & Kevin H. O. 2005. Concept Mapping in Problem Based Learning: a cautionary tale. Journal Of Royal Society Of Chemistry, 7 (2): 84-95.

Kusworo, P. & Hardianto, P. 2009. Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding dalam Ketuntasan Belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas X SMA Laboratorium Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi. (2)1: 74-89.

Mahromah, L. A. & Manoy, J. T. 2013. Identifikasi Tingkat Metakognisi dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika. Mathedenusa. (2)1: 1-8.

Mamin, R. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica. (10)2: 55-60.

Ngertini, N., Sadia, W., & Yudana, M. 2013. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Amplapura. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (4)1: 1-11.

Nugraningsih, T. K. 2012. Metakognisi Siswa SMA Kelas Ekselarasi dalam Menyesaikan Masalah Matematika. Magistra. 82, 37-50.

Nuryana, E. & Sugiarto, B. 2012. Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) Kelas X-1 SMA Negeri 3 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education, 2012. 1(1), 83-75, Universitas Negeri Surabaya.

OECD, 2011. Pisa 2009 Result : What Students Know and Can Do Student Performance in Reading Mathematics and Science. OECD-PISA : USA

Schraw, G. & Dennison, R. 1994. Assessing Metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology, 19(4): 460-475.

Sudarmin, S. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains (MPKBE) untuk Mengembangkan Literasi Sains Siswa. Makalah disajikan dalam Prosiding Semnas Pensa VI Peran Literasi Sains.

Sidin, U.S. 2016. Penerapan Strategi Scaffolding pada Pembelajaran Pemrograman Web Di SMK Kartika Wirabuana 1. Jurnal Publikasi Pendidikan. (4)3: 187-195.

Sunyono. 2012. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi. Bandarlampung : Aura Publishing

Sunyono & Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Doktor. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak diterbitkan.

Wicaksono, C.A.G. 2014. Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Sains, (2)2: 85-92.

Wilson, J. & Clark. D. 2004. Toward the Modelling of Mathematical Metacognition. Mathematics Education Research Journal. (16)2: 25-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.