Pengaruh LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimpulkan dan Mengomunikasikan
Abstract
This study aimed to describe the effect of guided inquiry based student worksheet in increasing inferring and communicating skills on electrolite and non-electrolite solution topic. Population in this study was all students of class X MIPA SMA YP Unila Bandarlampung. Samples in this study were students of class X MIPA 8 as experimental class and students of class X MIPA 2 as control class which obtained by purposive sampling technique. The research method was quasi experiment with non equivalence pretest-posttest control group design. The result showed that n-gain average in experiment class is higher than control class, it confirmed that guided inquiry based student worksheet was effective in increasing inferring and communicating skills on electrolite and non-electrolite solution topic.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan menyimpulkan dan mengomunikasikan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIPA SMA YP Unila Bandarlampung. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling, siswa kelas X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non equivalence pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain dari kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, hal ini menunjukkan LKS berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan menyimpulkan dan mengomunikasikan pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit
Kata kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan mengomunikasikan, keterampilan menyimpulkan, lembar kerja siswa
Full Text:
PDFReferences
Abu Jahjouh, Y. M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16.
Amalia. 2011. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Ango, M. L. 2002. Mastery of Science Process Skills and Their effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science in The Nigerian Context. International Journal of Educo-logy, 11-20.
Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press.
Bilgin, I. 2009. The Effects of Guided Inquiry Instruction Incorporating A Cooperative Learning Ap-proach On University Students Achievement Of Acid And Base Concept And Attitude Toward Guided Unquiry Instruction. Scientific Recearch and Essay. Vol.4 (10): 1038-1046
BSNP. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Badan Pengem-bangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
Darmodjo, H dan R.E Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud.
Dewi, S. 2008. Keterampilan Proses Sains. Bandung: Tinta Emas Publishing
Devetak, I., Erna, D.L., Mojca, J., and Sasa, A. G. 2009. Comparing Slovanian Year 8 and Year 9 Elementary School Pupil Knowladge of Elektrolyte Chemistry and Their Instrisic Motivation. Chem. Educ. Res. Pract., 10, 281-290.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1), 99-118.
Funk. 1985. Belajar dan Pembelajar-an. Jakarta: Rineka Cipta.
Graham, C. R., Henrie, C. R., & Gibbons, A. S. (2014). Develop-ing models and theory for blended learning research. Blended learning: Research perspectives, 2, 13-33.
Hake, R. R. 1998. Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Phsycs Courses. American Journal of Physics. 66(1): 64-74.
Ibrahim, M. (2002). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA University Press.
Keller, J. M. (2016). Motivation, learning, and technology: Applying the ARCS-V motivation model. Participatory Educational Research, 3(2), 1-15.
Kurniasari, T. 2012. Hasil Belajar dan Persepsi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tumpang pada Materi Kesetimbangan Kimia yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Problem Solving. Skripsi. Malang. Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang.
Lailiyah, S. 2007. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Inquiry terhadap Kemampuan Psikomotorik Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Mahasiswa Jurusan PMIPA UNS Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta
Okhee, L. 2006. Science Inquiry and Student Diversity: Enchanced Abilities and Continuing Diffi-culties After an Instructional In-tervention. Journal Of Research In Science Teaching. Vol. 43 (7): 607-636.
Pratiwi, F.A. 2014. Pengaruh Peng-gunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. (Online), Jilid 3,No.7,http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/6488/6712), diakses 06 Januari 2017
Saputri, D. 2015. Efektivitas pendekatan saintifik pada pembelajaran larutan elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menganalisis argumen. Skripsi. Bandar Lampung: FKIP Unila.
Semiawan, C. 1989. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Jakarta: Prestasi Pustaka
Yulianti, Dwi. 2008. Media Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.