PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT
Abstract
This study aimed to develop and describe the characteristic, the teacher and students responses, constraints and supporting factors on developing interactive e-book based on chemical representation. This study used R&D method by Borg & Gall which interactive e-book based on chemical representation as research subjects. Based on expert judgment in validity testing, this e-book wasin very high level for content suitability and attractiveness aspect. The teachers responses to those aspects was in very high level. The students responses to attractiveness aspect also in very high level with positive responses from teacher and students. Based on the result, this e-book was valid and feasible to be used.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan karakteristik e-book, respon guru dan siswa terhadap e-book interaktif berbasis representasi kimia, kendala-kendala dan faktor pendukung pengembangan e-book. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan menurut Borg & Gall dengan subyek penelitian yaitu e-book interaktif berbasis representasi kimia. Berdasarkan hasil validasi ahli terhadap e-book yang dikembangkan, diperoleh kategori sangat tinggi pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum dan aspek kemenarikan. Hasil respon guru terhadap kedua aspek tersebut memiliki kategori sangat tinggi. Hasil respon siswa terhadap aspek kemenarikan dari segi desain, perpaduan warna, gambar, dan animasi juga memiliki kategori sangat tinggi dengan respon positif yang diberikan dari guru dan siswa. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan e-book hasil pengembangan valid dan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: E-book, larutan elektrolit dan nonelektrolit, representasi kimia.
Full Text:
PDFReferences
Abiwara, A. T. 2014. Hubungan Pemanfaatan Buku Elektronik dengan Kreativitas dan Keaktifan Siswa dalam Belajar di Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video dan Teknik Komputer Jaringan SMKN 2 Depok Sleman. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Albugami, S. and Vian A. 2015. Success factors for ICT implementation in Saudi secondary schools: From the perspective of ICT directors, head teachers, teachers and students. Inter. J. Educ. Dev. Inform. Commun. Technol., 11: 36-54.
Chittleborough, G. D. & Treagust D.F. 2007. The modeling ability of nonmajor chemistry students and their understanding of the submicroscopic level. Chemical Education. Research and Practice. 8: 274-292.
Chittleborough, G. D., and Treagust, D. F. 2008. Correct interpretation of chemical diagrams requires transforming from one level of representation to another. Research. Science. Education, 38(4): 463-482.
Chittleborough, G.D. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing Students Mental Models of Chemical Phenomena. Thesis (unpublished). Science and Mathematics Education Centre. Perth: Curtin University of Technology.
Darlen, R F., S. Sjarkawi dan A. Lukman. (2015). Pengembangan E-book Interaktif untuk Pembelajaran Fisika SMP. Jurnal Teknologi Pedagogi. Vol. 5 (1): 13-23.
Ditama, V., S. Saputro dan A. Nugroho. 2015. Pengembangan Media Animasi Flash Player Pada Materi Laju Reaksi Di SMK Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi. Vol. 4, No. 2. 23-31.
Djan, J.O. 2003. Personalising Electronic Book. Journal of Digital Information, 3(4).
Eskawati, S.Y. dan Sanjaya, I.G.M. 2012. Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Sifat Koligatif sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA. Unesa Journal of Chemical Education, 1(2): 50-53.
Fuady, C. A. 2015. Pengembangan Media Animasi Flash Player Pada Materi Laju Reaksi Di SMK Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi. Vol. 1, No. 1. 34-47.
Haris, D. 2011. Panduan Lengkap E-Book. Yogyakarta: Cakrawala.
Manley, L. and Robbert P.H. 2012. History of the Ebook: The Changing Face of Books. Technical Service Quarterly, 29: 292-311.
Muhamad Ali. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro. Vol. 5 (1): 11-18.
Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Gaung Persada Press.
Nguyen, N.G. 2015. Designing and Using interactive e-book in Vietnam. Inter. J. Learn. Teach. Educ. Res., 11 (1): 75 98.
Nj?k?, C.P.U. 2015. Information and communication technologies to raise quality of teaching and learning in higher education institutions. Inter. J. Educ. Dev. Inform. Commun. Technology., 11: 122-147.
Prasetya, A., S. Priatmoko dan Miftakhudin. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pendekatan ChemoEdutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 2, No. 2. 287-293.
Restiyowati, I. dan Sanjaya, I.G.M. 2012. Pengembangan E-book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 1(2) : 130-135.
Santoso, T dan Sukarmin. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Blog Kimia Berbasis Mobile Education. UNESA Journal of Chemical Education. Vol 2 No. 1. 28-31. Januari 2013.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sundari, S M., S. Priatmoko dan A. Inayah. (2008). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Pembelajaran Berbantuan Komputer dengan Media ChemoEdutainment. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 2 (1): 182-189.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.