Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Siswa
Abstract
The research was aimed to describe the practicality, effectiveness and effect size of discovery learning to improve students mental model and concept mastery on electrolyte and non electrolyte solution topic. This research has been done at SMA N 16 Bandar Lampung for 2016/2017 academic year. The research one group pretest-posttest design by using cluster random sampling and obtained class X.7 as sample of 330 students. The data were analyzed descriptively. Practicality was determined from implementation of RPP and student response. Effectiveness was determined from teacher's ability, student activities, improvement mental model and students concept mastery. The results of this research showed that the practicality and effectiveness of discovery learning had very high criteria and had large effect size. Based on it, the conclution that discovery learning was practical, effective, and had large effect to improve mental model and students concept mastery.
Penelitian dengan tujuan mendeskripsikan kepraktisan, keefektifan, dan ukuran pengaruh pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMAN 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian one group pretest-posttest design dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X.7 sebagai sampel populasi 330 siswa. Data dianalisis secara deskriptif. Kepraktisan ditentukan dari keterlaksanaan RPP dan respon siswa. Keefektifan ditentukan dari kemampuan guru, aktivitas siswa, peningkatan model mental dan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran discovery learning memiliki kepraktisan dan keefektifan dengan kriteria sangat tinggi dan ukuran pengaruh yang besar. Kesimpulan penelitian ini yaitu pembelajaran discovery learning praktis, efektif, dan memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan model mental dan penguasaan konsep siswa.
Kata Kunci: discovery learning, model mental, penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Abujahjouh, Y. M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.
Chittleborough, G. D., dan Treagust, D. F.. 2007. The Modelling Ability of Nonmajor Chemistry Students and Their Understanding of The Submicroscopic Level. Educational Research., 8, p. 274-292.
Chittleborough, G., & Treagust, D. 2008. Correct interpretation of chemical diagrams requires transforming from one level of representation to another. Research in science education, 38(4), 463-482.
Dahar, R. W.. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Diantini, Fadiawati, N., dan Rudibyani, R. B. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Generating Materi Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2).
Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-118.
Djamarah, S.B., dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). McGrow-Hill. New York.
Greca, I. M., & Moreira, M. A. 2000. Mental models, conceptual models, and modelling. International Journal of Science Education, 22(1), 1-11.
Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, HighSchool Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. No. 2, p. 30-45.
Joolingen, W. V., 1998. Cognitive Tools for Discovery Learning. Inter. J. Artific. Intel. Educ., 10: 385-397.
Kurniawati, I. D., & Diantoro, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1).
Mawarni, D., Rudibyani, R. B., dan Efkar, T..2015. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(3).
Munandar, S. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nieveen, N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson, and Tjeerd Plomp (Ed), London: Kluwer Academic Publishers.
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., dan Jatmiko, B. 2013. Implementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2(1).
Purba, M. N., Rosilawati, I., dan Efkat, T.. 2016. Efektivitas Discovery Learning pada Materi Koloid dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Mengkomunikasikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5(3).
Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar: salah satu unsur pelaksanaan strategi belajar mengajar: teknik penyajian. Jakarta: Rineka Cipta.
Rustaman, N., Dirdjosoemarto, S., Yudianto, S. A., Achmad, Y., Subekti, R., Rochintaniawati, D., & Nurjhani, M. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Universitas Negeri Malang: UM Press.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Transito.
Sunyono, Yunita, L., & Ibrahim, M. 2013. Keterkaitan Model Mental Mahasiswa dengan Penguasaan Konsep Stoikiometri Sebelum dan Sesudah Pembelajaran dengan Model SiMaYang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains PPs- "Peran Sains dalam Abad 21", Universitas Negeri Surabaya, 19 januari.
Sunyono, Yunita, L., & Ibrahim, M. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education International ,Vol 26, No. 2, p 104-125.
Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang), Cetakan Pertama. Bandar Lampung: Aura Press.
Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang), Cetakan Kedua. Bandar Lampung: Aura Press.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.
Suwisno, E. N., Rosilawati, I., dan Efkar, T.. 2016. Efektivitas Discovery Learning pada Larutan Penyangga dalam Meningkatkan Keterampilan Memprediksi dan Menyimpulkan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5(3).
Tim Penyusun. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/ MA. Jakarta: BSNP.
Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W.,dan Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.