Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Penguasaan Konsep Siswa

Dini Andriani, Ratu Betta Rudibyni, Emmawaty Sofya

Abstract


The poor-experimental research was conducted by using one group pretest-posttes design which it was aimed to describe the practicality, effectiveness, and effect size of discovery learning in electrolyte and non electrolyte solustion topic to improve metacognitive skill and concept mastery. The sampel of this research was class X.10 at SMAN 16 Bandar Lampung which it was taken by cluster random sampling technique. The data analysis included practicality, effectiveness, and effect size. The research result showed that the practicality and effectiveness of discovery learning had been very high criteria and big creteria of effect size to improve students metacognitive skill and concept mastery.

Penelitian poor-experiment dengan one group pretest-posttes desaign bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektifan, dan ukuran pengaruh pembelajaran discovery learning pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X.10 di SMAN 16 Bandar Lampung yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data pada penelitian ini meliputi kepraktisan, keefektifan, dan ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan dan keefektifan pembelajaran discovery learning berkriteria sangat tinggi dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan penguasaan konsep siswa.

Kata Kunci: discovery learning, kemampuan metakognisi, penguasaan konsep.

Full Text:

PDF

References


Abujahjouh, Y.M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Intruction. Journal of Turkish Education, 11 (4) : 3- 16.

Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Erlangga. Jakarta.

Danial, M. 2016. Kesadaran Metakognisi, Keterampilan Metakognisi, dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3).

Diantini, Fadiawati, N., & Rudibyani, R.B. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Generating Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(2), 391-402.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievment In Turkey : a Meta- Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-118.

Djamarah, S. B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Domin, D. S. 1999. A review of laboratory instruction styles. J. Chem. Educ, 76(4), 543.

Fraenkel,J.R., Wallen, N.E. & Hyun, H.H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw Hill.

Hake, R. R. 2002. Relationship Of Individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics With Gender, High-School Physics, And Pretest Scores On Mathematics And Spatial Visualization. In Submitted To The Physics Education Research Conference Boise, Id.

Hodson, D. 1996. Practical work in school science: exploring some directions for change. International Journal of Science Education, 18(7), 755-760.

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irani, S. 2013. Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas dan Akuntabilitas Pembelajaran Guru Ekonomi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Kelompok Bisnis dan Manajemen di Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(3).

Iskandar, S. M. 2016. Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio (Journal Of Educational Innovation), 2(2).

Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., & Sukardjo, J. S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan

Penyangga Pada Siswa Kelas XI Ipa Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 65-73.

Joolingen, W.V. 1998. Cognitive Tools For Discovery Learning. International Journal Of Artificial Intelligence In Education (IJAIED), 10, 385-397.

Mahromah, L. A., & Manoy, J. T. 2013. Identifikasi Tingkat Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Skor Matematika. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(1).

Nugrahaningsih, T. K. 2012. Metakognisi Siswa SMA Kelas Akselerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. MAGISTRA, 24(82), 37.

Petrucci, R. H. 1985. Kimia Dasar Prinsip Dan Terapan Modern Jilid 1. Diterjemahkan oleh Suminar, A. 1987. Jakarta: Erlangga.

Orr, C. 2016. Using Discovery Learning Pedagogies. New Zealand Journal of Teachers' Work, 13(1), 8-21.

Rismayani, N. L. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Jurusan Pendidikan PKn, 1(2).

Santoso, A. 2010. Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 14(1).

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan-Teori dan Praktik. Indeks. Jakarta.

Sudarma, I. N., Dantes, N., & Tika, I. N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Sudjana.2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi(Model SiMaYang). BandarLampung: AuraPrinting&Publishing

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Dalam Menumbuhkan Model Mental Dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi. tidak diterbitkan. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Suprijono, A. 2014.Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surayani, N & Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Suyanti, R.D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Widhiarso, W. 2011. Bab II: Uji Hipotesis Komparatif. (Online) (http;//widhiarso.staff.ugm.ac.id/wp/download/analisis-data/), di akses 21 Maret 2017.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Ipa, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.