Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Siswa.

Dhes Retno Putri, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


The purpose of this research was to describe the practicality, effectiveness and effect size of discovery learning to improve self efficacy and students concept mastery on electrolyte and non electrolyte solution topic. This research was conducted at SMA N 16 Bandar Lampung for 2016/2017 academic year in 10th grade of SMAN 16 Bandar Lampung. The poor-experiment research used the one group pretest-posttest design by using cluster random sampling, and X.1 became the sample. The data research were analyzed descriptively include practicality, effectiveness and effect size. Based on it, the result showed that practicality and effectiveness of discovery learning had very high criteria, as well as effect size had large criteria to improve self efficacy and students concept mastery.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepraktisan, keefektifan dan ukuran pengaruh pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini telah dilakukan di SMAN 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017 di kelas X. Penelitian poor-experiment menggunakan one group pretest-posttest design dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X.1 sebagai sampel. Data dianalisis secara deskriptif meliputi: kepraktisan, keefektifan dan ukuran pengaruh. Hasil penelitian yang diperoleh sangat tinggi untuk kepraktisan dan keefektifan pembelajaran discovery learning serta memiliki ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa.

Kata kunci: discovery learning, efikasi diri, penguasaan konsep, ukuran pengaruh.



Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT. Refika Aditama.

Abu Jahjouh, Y.M. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Intruction. Journal of Turkish Education, 11 (4) : 3 16.

Bandura, A. 1997.Self Efficacy The Exercise of Control, W. H. freeman and Company. New York.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievment In Turkey : a Meta- Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1) : 99-118.

Djamarah, S.B. dan A. Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B & A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi).Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Effendi. D.A. 2012. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam-Basa Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Dan Pencapaian Kompetensi Siswa. Skripsi. FKIP Unila. Bandarlampung.

Eksan, A. H. 2014. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (3): 1-14

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran tentang Struktur Atom dari SMA hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. SPs-UPI. Bandung.

Fatmawati, A. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. Jurnal EDU SAINS, 4 (2). : 1-10.

Fraenkel, J. R., Wallet, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eight Edition). New York: McGraw-Hill.

Hake, R. R. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender,High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Available: http://www.physics.indianaedu/-hake.diakses pada tangga 12 Desember 2016.

Hamalik, O. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta : Bumi Aksara.

Harahap, D. 2008. Analisis Hubungan antara Efikasi-Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. Jurnal Jurusan Pendidikan Kimia, 3(1): 42-53

Husain, R.T. 2013. Penerapan Metode Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Quran Hadits di MTs Kiayi Modjo Kecamatan Limboto Barat. Jurnal Pendidikan Agama Islam. IAIN Sultan Amai Gorontalo, 2 (1) : 120-131.

Illahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Learning Strategy dan Mental Vocational Skill. Yogyakarta: DIVA Press.

Istiana, G.A., Agung N.C., & J.S Sukardjo. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Semplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. UNS.

Izzati, S., Sunyono, & Efkar, T. 2015.Penerapan SiMaYang Tipe II Berbasis Multipel Representasi pada Materi Asam Basa.Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia, 1 (4): 262-274.

Kartika, D., Enawaty, E., & Erlina. 2013. Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2): 1-12.

Liansari, R., Suwono H., & A. Tenzer. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantuan Kartu Pintar untuk Pembelajaran Biologi Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi. UNM.

Muhamad , N. 2016. Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Garut, 9 (1) : 9-22.

Rokhayati, N. 2011. Peningkatan Penguasaan Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Guided Discovery-Inquiry pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Sleman. Doctoral dissertation. UNY.

Rusman, T. 2014.STATISTIK: Bahan Ajar. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Santrock, J.W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Salemba Humanika.

Sardiyo. 2015. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik. Jurnal Teknodika. Jurnapolo. Karanganyar, 13 (1) : 20-34.

Sormin, D. 2016. Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Desa Sialogo Tapanuli Selatan. Jurnal Fitrah. Padangsidimpuan. Sumatra Utara, 2 (1) : 117-130.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : Tarsito.

Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung : PT. Refika Aditama.

Sunyono. 2013. Serba-Serbi: Mengajarkan Kimia dengan Imajinasi, Menyenangkan, dan Berkarakter (PESONA KIMIA-1). Bandar Lampung: Anugerah Utama Raharja (AURA).

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Dalam Menumbuhkan Model Mental Dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya : tidak diterbitkan.

Sunyono. 2015. Model Pembelajaran Multipel Representasi; Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Yogyakarta : Media Akademi.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP. Jakarta.

Widhiarso, W. 2011. Bab II. Uji Hipotesis Komparatif. (Online) (http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/wp/download/analisis-data/), Diakses pada tanggal 20 Maret 2017.

Wiratmaja, C. G. A., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy dan Emotional Intelligence Siswa SMA.Jurnal Pendidikan IPA, 4(1):1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.